9 Kasus Baru Positif Covid-19 Terbanyak di Ternate Tengah

Editor: brindonews.com
dr. Alwia Assagaf
Kasus transmisi lokal coronavirus disease atau covid-19 kembali terjadi di Maluku Utara. Wali Kota Tidore Kepulauan, Cpt. Ali Ibrahim dilaporkan positif terinfeksi covid-19 berdasarkan hasil TCM RSUD Chasan Boesoirie Ternate. Ali Ibrahim tertular dari pasien 100 (meninggal dunia) asal Tidore yang lebih dahulu positif covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menyebutkan, jumlah pasien positif virus corona berjumlah 128 orang, per Kamis 28 Mei 2020. Jumlah ini bertambah 9 orang dengan rincian, delapan di Kota Ternate dan satu dari Tidore.

Tambahan sembilan kasus baru ini, lanjut Alwia, diperoleh dari hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Chasan Boesoirie Ternate. Dari 16 spesimen yang diperiksa, 11 diantaranya diagnosa kasus baru dan 5 spesimen lainnya merupakan follow up pengobatan.

“Hasilnya 9 orang dinyatakan positif dari 11 spesimen diagnosa baru,” ucap Alwia, saat jumpa pers di di Hotel Sahid Bella Ternate, Kamis (28/5).

Terbanyak di Kota Ternate Tengah


Made with Flourish

Penambahan sembilan kasus baru positif covid-19 itu seluruhnya tersebar di Kecamatan Kota Ternate Tengah. Data update Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara menyebutkan, ada enam kelurahan, yaitu terdapat di Kelurahan Gamalama, Salahuddin, Muhajirin dan Toboko masing-masing satu orang, serta Santiong dan Maliaro masing-masigng dua orang.

Alwia menyatakan, sembilan kasus baru ini selanjutnya dikategorikan sebagai kasus 120 sampai 128. Dari jumlah kasus baru ini, satu diantarnya merupakan penularan atau transmisi lokal.

“Pasien 128 tertular dari pasien 100 asal Tidore. Tuan AI, 60 tahun alamat Gamtufkange, Tidore Kepulauan merupakan Wali Kota Tidore,” ucapnya. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini