3 Kasus Positif Corona di Ternate Belum Diketahui Sumber Penularannya

Editor: brindonews.com
dr. Alwia Assagaf
TERNATE, BRN - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku Utara mengumumkan kembali 9 kasus baru dalam perkara virus corona di Maluku Utara, Minggu (3/5) sore. Dari jumlah itu, 3 diantaranya merupakan kasus transmisi (penularan) lokal.

Juru Bicara Penaganan Covid-19 Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menyatakan, terjadinya 3 penularan lokal itu dideteksi dari kasus nomor 01. Pasien 02 Covid-19 tertular virus corona dari hasil tracking kontak dengan kasus 01, kemudian penularan dari 04 ke 43, dan 08 ke 48.

Alwia menyebut, 3 kasus lokal itu menjadikan Kota Ternate dengan daerah resiko tertingi transmisi lokal di Maluku Utara. Penyimpulan ini, sambung Alwia, berdasarkan hasil analisis dan kajian epidemiologi.

Ketua IDI Maluku Utara ini mengatakan, sebanyak 3 dari 9 kasus baru yang diumumkan ipada Minggu kemarin belum ketahui sumber penularannya. Tiga kasus yang belum diketahi itu diantaranya kasus 07 di Kelurahan Jati, kasus 42 di Kalumpang, dan kasus 47 di Bastiong.

“Tiga kasus ini yang menjadi masalah Kota Ternate saat ini. Dari ketiga kasus ini memiliki riwayat bepergian dan kembali ke Kota Ternate, tetapi sudah melewati masa inkubasi sehingga tidak diketahui terinfeksinya dari mana,” kata Alwia saat jumpa pers di Hotel Sahid Bella Ternate, Senin, (4/5).

Kendati mengklaim belum tahu dari mana sumber penularan, Alwia memastikan ketiga pasien tersebut dikategorikan kasus transmisi lokal. Agar memastikan kebenarannya, Alwia mengimbau kepada Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate lebih detail dan betul-betul, termasuk memperluas wilayah tracking rapid test memperoleh dari mana penularan kasus 07, 42, dan 43.


“Untuk masyarakat Kota Ternate, kami imbau agar betul-betul melaksanakan imbauan protokol kesehatan, jaga jarak, gunakan masker, tidak berkurumun dan sering cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan, karena sudah ada penularan lokal bukan lagi pelaku perjalanan,” kata Alwia mengajak. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini