|

Pengumuman Kelulusan SMA Sederajat Dijadwalkan Tanggal 2 Mei

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Malut, Imam Makhdy Hassan 
TERNATE, BRN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pengumuman kelulusan SMA/MA/SMK/SLB dan Paket C Tahun Pelajaran Tahun 2020 pada 2 Mei 2020.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor:421/94/2020 tentang Penyesuaian Jadwal pengumuman ketulusan SMA/MA/SMK/SLB dan Paket C Tahun Pelajaran Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Drs Imam Makhdy Hassan.

Menurut Sekretaris Disdikbud Malut, Safiun Radjulan, mengatakan bahwa jadwal pengumuman kelulusan ini merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2010 tanggal 5 Maret 2020 yang diubah dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2020 tahun tanggal 20 April 2020 tentang spesifikasi teknis, bentuk dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan menengah tahun pelajaran 2009-2010.

Selain itu, menyusul petunjuk teknis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Nomor: 421/37/2020, tanggal 7 April 2020, tentang Kegiatan Satuan Pendidikan dan masa darurat penyebaran COVID-19, ujar Safiun kepada wartawan media ini, Kamis (30/04/2020).

Lanjut Safiun, dengan adanya surat edaran ini, maka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan sebagai berikut:

1). Penyesuaikan jadwal kelulusan  ketulusan SMA/MA/SMK/SLB dan Paket C Tahun Pelajaran Tahun 2020 yang semula tertuang dalam petunjuk teknis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara pada angka I poin 8 tentang jadwal pengumuman kelulusan jenjang SMA/MA/SMK/SLB dan Paket C pada Tanggal 4 Mei dimajukan menjadi Tanggal 2 Mei 2020, sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2). Kepala Cabang Dinas Kab/Kota diminta menyampaikan perubahan jadwal tersebut ke seluruh satuan pendidikan yang berada di masing-masing wilayah.

3). Teknis pengumuman kelulusan siswa pada satuan pendidikan tetap mengacu pada petunjuk teknis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara pada poin I (7).

4). Penentuan kelulusan dan alternatif pengisian nilai ijazah sekolah dapat memilih salah satu alternatif di bawah sesuai dengan kondisi masing-masing;

a. Rata-rata nilai rapor semester I s/d VI ditambah dengan nilai-nilai rata-rata nilai ujian sekolah (ujian tertulis).

b. Rata-rata nilai rapor semester I s/d VI ditambah dengan nilai-nilai rata-rata nilai ujian sekolah (ujian tertulis+Portofolio+tugas dengan presentasi 60% ujian tertulis+Portofolio+penugasan.

c. Rata-rata nilai rapor semester I s/d VI bagi sekolah yang tidak melaksanakan ujian sekolah.


Komentar

Berita Terkini