|

Pasien 01 di Ternate Tunggu Hasil PCR Pastikan Negatif Covid

dr. Rosita Alkatiri memberikan pernyataan pers di Media Center Gugus Tugas Penanganan Covid
TERNATE, BRN - Satu pasien positif corona di Ternate belum sepenuhnya dikatakan sembuh total. Pasien dengan identitas 01 ini akan dinyatakan sembuh dari paparan virus corona kalau sudah ada hasil tes polymerase chain reaction atau PCR.

Swab atau PCR adalah suatu metode pemeriksaan yang prinsip kerjanya memperbanyak (amplification) DNA invitro secara enzimatis. Tehnik PCR telah dikembangkan untuk diagnosis berbagai penyakit infeksi, seperti hepatitis, HIV, Human Papillomavirus, dan untuk mendeteksi M. Tuberculosis.

Tes terakhir ini untuk memastikan pasien 01 negatif dari virus yang menyerang sistem pernapasan itu. Pasien Covid positif dikatakan sembuh apabila sudah memiliki dua kali hasil negatif dari pemeriksaan swab.

“Pemeriksaan swab sudah satu kali dilakukan, dan hasilnya dinyatakan negatif. Kita sudah pegang hasil pemeriksaannya. Pasien covid positif dikatakan sembuh, apabila sudah menjalani atau memiliki hasil pemeriksaan swab dua kali negatif. Tinggal kita menunggu hasil kedua,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara, dr. Rosita Alkatiri, Sabtu (4/4) petang.

Rosita bilang, spesimen pasien 01 ini sudah di kirim Balai Laborotorium Kesehatan Jakarta dua hari lalu, Kamis 2 April 2020. Pembuktian terakhir guna memastikan dirinya negatif dari virus corona. “Insyah Allah hasilnya tidak lama lagi (diterima), sehingga pasien 01 kita sudah bisa melakukan aktifitas kesehariannya secara normal,” katanya. (han/red)

Komentar

Berita Terkini