|

Hasil Tracking Pasien Positif Corona Picu Naiknya OTG

Ilustrasi petugas medis mengambil sampel darah saat rapid test.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Maluku Utara, kembali merillis notifikasi perkembangan orang tanpa gejala atau OTG. Data yang dirilis per Selasa 28 April 2020 itu OTG mengalami peningkatan menjadi 458 orang dari data sebelumnya 429 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Virus Corona Maluku Utara, dr. Alvia Assagaf menyebut jumlah tersebut bertambah 20 orang. Kedua puluh sembilan OTG ini dipicu hasil tracking atau kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif virus corona di 5 daerah zona merah, yaitu di Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, Tidore Kepuluan dan Kota Ternate.

“Secara kumulatif orang dalam pemantauan masih sama dengan data sebelumnya, yaitu 682 orang, dengan rincian 479 selesai pementauan dan 203 sementara dalam proses pemantauan. Sedangkan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) terjadi penambahan satu orang. Satu orang ini dari Halmahera Barat. Keseluruhan PDP yaitu 7 orang,” kata Alvia.

Alvia menyatakan, 23 orang positif terinfeksi virus corona di Maluku Utara seluruhnya di isolasi. 12 orang (tambahan kasus baru) diisolasi di RSUD Chasan Bosorie Ternate, dan 11 lainnya (pasien positif sebelumnya) di di Hotel Sahid Bella Ternate. “Sebelas orang yang di karantina di Sahid Bella ini terkonfirmasi positif dengan status 31 OTG, 11 ODP, dan 1 PDP,” terangnya.

91 Orang Reaktif Rapid Test

Alvia mengatakan, hingga sekarang sudah ada 1.526 orang yang dilakukan pemeriksaan melalui tes cepat atau rapid test. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 91 orang reaktif dan 1.435 orang non reaktif rapid test.

“91 orang reaktif itu dengan rincian 36 OTG, 29 ODP, 4 PDP dan 22 orang merupakan bukan pasien atau pelaku perjalanan dari daerah terjangkit,” katanya.

Alvia menambahkan, 1.526 orang yang di tes cepat, Kota Ternate tertinggi pertama dengan jumlah 613 orang. Halmahera Selatan di posisi kedua dengan 220 orang, disusul Tidore Kepulauan dengan jumlah 212 orang yang di tes.

Total pemakaian rapid test corona di Maluku Utara. Grafis : Dinas Kesehatan Maluku Utara. Update terakhir : 28 April 2020.

(han/red)

Komentar

Berita Terkini