Gugus Tugas Kepsul Masih Tunggu Hasil Swab

Editor: brindonews.com
Jumpa pers di Posko Bersama Tanggap Covid-19 Kepulauan Sula (Kepsul). 
SANANA, BRN - Tiga orang pasien dalam pengawasan atau PDP corona asal Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kepulauan Sula, Maluku Utara, dirujuk ke Rumah Sakit Sanana, Jumat (17/4) pagi. Sebelum dirujuk, ketiganya dinyatakan reaktif rapid test saat pemeriksaan kedua.

Tiga PDP tersebut sebelumnya diketahui dari daerah zona merah pandemi. Mereka berangkat Jakarta pada 17 Maret 2020 membeli pakaian di Pasar Tradisional Tanah Abang untuk di jual ulang di Falabisayaha. Selama di Jakarta, mereka menyasar beberapa pasar tradisional lainnya, pasar baru mangga besar, dan Blok M.

Ahmad Umamit membanarkan ikhwal tersebut. Warga Falabisahaya ini bilang, ketiganya pulang dengan tangan kosong. “Sampe (sampai) di Jakarta semua grasir pakaen (pakaian) sudah ditutup oleh Pemerintah DKI,” katanya, Jumat (17/4).

Ahmad mengisahkan, tiga orang ini pulang ke Falabisahaya menggunakan jasa kapal. Dari Surabaya menyebrang ke Kendari, Bau-bau lalu menlanjutkan perjalanan menuju Taliabu. “Sampai di Taliabu, mereka naik motor laut menuju Desa Pelata, naik mobil ke Falabisaya,” Ahmad menceritakan riwayat perjalan.

Ahmad mengatakan, beberapa hari setelah tiba, pasein mulai merasakan sesak nafas. Timbulnya gejala mirip corona ini langsung dilakukan cackup dan pengambilan sampel darah di puskesmas setempat. “Katanya sampel darah itu di kirim ke Makasar. Mereka sudah di rujuk ke Rumah Sakit Sanana sambil menunggu hasil laboratorium,” terangnya.

Juruh Bicara Gugus Tugs Kepulauan Sula, dr. Makmur Tamani membenarkan adanya 3 PDP yang di rujuk tersebut. Makmur mengatakan, 3 PDP itu di isolasi di Rumah Sakit Sanana, sembari menunggu hasil pemerisaan swab atau polymerase chain reaction (PCR).

“Spesimennya sudah di kirim ke Makassar dan Jakarta,” katanya saat jumpa pers di Posko Tanggap Covid-19 di Desa Mangon, Kecematan Sanana, Jumat (17/4).

Ikhwal serupa disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Kepulauan Sula, Safrudin Sapsuha. Safrudin mengemukakan, maksud pemeriksaan swab atau PCR itu utuk mengonfirmasi apakah 3 PDP asal Falabisahaya ini positif corona atau tidak.

“Spesimennya di kirim ke Makassar, Sulawesi Selatan dan Jakarta. Sementara kita masih tunggu hasil pemeriksaannya,” terangnya. (tm/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini