|

DPMD Taliabu Surati 71 Kades Percepat Penyaluran BLT DD

Ilustrasi
TALIABU, BRN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Taliabu menekankan seluruh kepala desa di Pulau Taliabu secepatnya menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT yang berasal dari dana desa. Permintaan itu menyusul adanya keterlambatan penyaluran kepada masyarakat penerima manfaat yang terdampak pandemi corona virus desease 2019 (Covid-19).

Kepala DPMD Pulau Taliabu Mansur Mudo menuturkan, skema penyaluran akan dilakukan pendampingan. Tujuannya penyaluran BLT tepat sasaran. Mansur mengaku, pihaknya sudah menyurati kepala-kepala desa segera menyalurkan dan menyiapkan laporan pertanggungjawban.

“Maksud menyiapkan pertanggungjawaban ini agar tidak ada masalah di kemudian hari. Kita upayakan supaya ada pendampingan proses penyerahan BLT dari pihak pemerintah daerah.  DPMD secara simbolis sudah menyerahkan, selanjutnya di kawal oleh babinsa, Kepala pos dan pendamping desa sehingga penyerahan ini tepat sasaran,” kata Mansur , Kamis (30/4).

Mansur mengemukakan, besaran BLT adalah Rp 600 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan selama 3 bulan, yaitu April hingga Juni 2020. Penyaluran bantuan itu khusus bagi penerima yang belum tercover dalam bantuan sosial lain dari Kementerian Sosial RI, termasuk penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). “Kriteria yang mendapatkan BLT akan di data. Sesuai aturan wajib, yang sudah menerima bantuan sosial tidak akan dapat lagi BLT,” jelasnya.

Dia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya menyurvei di semua desa di Pulau Taliabu. Suervei itu, sambung Mansur, untuk memastikan  ketidaklambatan penyaluran bantuan tersebut. “Tidak ada alasan untuk tidak selesai. Deadline waktu  awal Mei sudah selesai dan ini sebagai dispensasi,” katanya sembari mengakui baru menerima lima hasil musyawarah desa dari 71 desa yang mengganggarkan 35 persen dari dana desa yang dianggarkan melalui APBDesa. (Ode/red)

Komentar

Berita Terkini