|

Dinkes Malut Gelar Pelatihan Penangan Corona Bagi Tenaga Kesehatan

KAPASITAS : dr. Idhar Sidi Umar memebrikan sambutan pada pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas bagi tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan penanganan pasien virus corona. 
TERNATE, BRN - Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi tenaga kesehatan dalam penanganan pasien virus corona. Pelatihan kepada tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan itu dipusatkan di Grand Majang Hotel, Rabu (22/4).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Idhar Sidi Umar mengatakan, peserta dalam  serimoni tersebut terdiri dari direktur rumah sakit di sepuluh kabupaten kota se-Maluku Utara. Menyangkut penanganan corona virus disease 2019 atau covid-19, pihaknya sudah menyiapkan upaya pencegahan dan penanganan sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan wabah virus yang menyebab infeksi saluran pernapasan tersebut mewabah Indonesia.

“Segala sesuatu sudah disiapkan sebelum Pak Jokowi menyampaikan adanya warga negara Indonesia yang terpapar Covid-19 di depok. Kita sudah mengambil langkah-langkah antisipasi adanya wabah Covid-19 sesuai instruksi Menteri Kesehatan RI,” begitu kata Idhar saat membuka acara.

Idhar mengemukakan, rumah Sakit merupakan garda terbelakang bukan terdepan. Dibilang garda paling belakang, kata dia, rumah sakit merupakan benteng pertahanan terakhir untuk bisa melakukan penanggulangan.

Dia berharap, tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan agar lebih meningkatkan koordinasi dan komunikasi. “Kalau ada sesuatu yang tidak bisa ditangani di kabupaten kota, supaya hubungi kami. Mungkin kami dapat membantu untuk mempercepat atau menyiapkan kalau ada kekurangan bahan atau alat-alat pendukung yang berhubungan dengan penanganan covid -9,” ucapnya. (han/red)

Komentar

Berita Terkini