6 Bulan Kinerja DPRD Halteng Tanpa Ketua

Editor: brindonews.com
Iksan Ishak
WEDA, BRN - Ketidakjelasan kapan jadwal pelantikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Halmahera Tengah atau DPRD Halteng mengundang respon berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat.

Salah satu tokoh masyarakat yang menyikapi kekosongan kursi ketua DPRD Halteng itu adalah Iksan Ishak. Menurutnya, kosongnya kursi pucuk pimpinan itu jelas memengaruhi kinerja.

Kekosongan ketua definitif terhitung masuk enam bulan, dimulai 12 September 2019 sampai April 2020. Jika ini terus berlanjut sampai waktu yang tidak ditentukan kapan, kata dia, sangat menggangu dalam mengambil atau mengeluarkan kebijakan strategis yang pro masyarakat.

“Tentu ini sangat di khawatirkan semua pihak, apalagi ini menyangkut produktivitas. Ironisnya lagi, sekarang belum ada pembahasan,” kata Canox, begitu Iksan biasa disapa, Rabu (8/4).

Canox memandang penting masalah ini segera dituntaskan secara internal. Bagi dia, solusi yang harus di tempuh wakil ketua II, Hayun Maneke dan wakil ketua I, Kabir Kahar adalah mengusulkan pelantikan ketua DPRD Sakir Ahmad ke Gubernur Maluku Utara. “Sehingga jangan sampai kebijakan Pemerintah Halteng terkesan cacat sistem kelembagaan,” katanya.

Iksan mengatakan, dalam menjalankan fungsi dan perannya, DPRD mestinya memiki ketua defenitif. Pengambilan keputusan memerlukan persetujuan antar eksekutif dan legislatif. “Misalnya soal peraturan daerah. Apalagi sekarang ini masyarakat dihadapkan dengan penyebaran wabah virus corona (covid-19). Jelas ini berpengaruh,” katanya.

Wakil Ketua II DPRD Halteng, Hayun Maneke tidak mau berkomentar soal kekosongan kursi ketua. Diamnya politisi NasDem diduga enggan memproses surat rekomendasi DPP Partai Golkar ke Bupati Edi Langkara. Dia juga diduga ‘mencekal’ Sakir Ahmad dilantik sebagai ketua.

Sebelumnya, Ketua DPRD Halteng terpilih, Sakir Ahmad menyoroti lambatnya pelantikan tersebut. Politisi partai berlambang pohon beringin ini menduga ada konspirasi atau upaya menghambat. (muf/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini