Morotai Tiadakan UN dan Semester

Editor: brindonews.com
Libur ikut diperpanjang

F. Revi Darah
MOROTAI, BRN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pulau Morotai meniadakan pelaksanaan ujian nasional, mulai dari TK sampai SLTP/sederajat. Pertimbangan utamanya, keselamatan dan kesehatan siswa jadi prioritas di tengah persebaran Corona Virus Disease atau Covid-19.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pulau Morotai, F. Revi Darah menyatakan, keputusan ini menjadi bagian dari upaya mengutamakan keselamatan siswa dan guru di tengah penularan Covid-19 yang kian meluas. “Proses belajar mengajar belum bisa dilaksanakan, ini untuk mencegah penyebaran virus corona,” kata Revi, Senin (30/3).

Alasan ditiadakannya penyelenggaraan pendidikan dan pelaksanaan ujian nasional dan semester ini berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. “Edaran ini ditujukan ke gubernur, bupati/wali kota di seluruh Indonesia,” kata Revi manambahkan.

Revi mengatakan pemberlakuan yang sama diterapkan semester kenaikan kelas. Evaluasi atau penilaian hasil ujian nasional maupun ujian sekolah di nilai dari lembar kerja portofolio siswa atau nilai harian laporan pendidikan (buku raport). “Penilaian ini jadi penentuan kelulusan, baik itu siswa kelas VI maupun kelas IX untuk SMP,” katanya.

Sementara kenaikan kelas, kata dia, masih disesuaikan. Pengumuman kanikan kelas akan dilakukan kalau saja kondisi sudah membaik. “Kalau sampe Mei nanti masih darurat, maka evaluasi dilakukan langsung para guru yang membidangi masing-masing tugas. Proses penilaian berdasarkan nilai harian dan portokolio peserta didik setiap hari,” terangnya.

Selain meniadakan ujian dan semester, masa libur sekolah ikut diperpanjang. Revi bilang, perpanjangan masa libur itu selama 14 hari kedepan. “Karena kondisinya masih tanggap darurat. Kita akan keluarkan surat untuk memperpanjang libur di seluruh satuan pendidikan baik TK, SD sampai SMP di Morotai,” tandasnya. (fix/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini