Gelar Rapat Mantapkan Persiapan Sail Tidore

Editor: brindonews.com
Samsudin: Panitia cukup punya waktu persiapkan segala kebutuhan

Foto Samsudin A. Kadir saat memimpin rapat
SOFIFI, BRN - Pemerintah Provinsi atau Pemprov Maluku Utara terus menggodok persiapan penyelengaraan Sail Tidore di 2021 mendatang. Senin (9/3) tadi, Pemprov Maluku Utara bersama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat ruang rapat lantai III kantor gubernur di Sofifi.
Rapat dengan maksud menindaklanjuti surat keputusan atau SK tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Sail Tidore 2021 ini dipimpin Sekretaris Provinsi Maluku Utara, Samsudin A. Kadir.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata ini mengatakan, selaku panitia daerah, pemprov dan pemerintah kabupaten kota lainnya perlu mengambil langkah cepat menindaklanjuti SK tersebut. Dia menilai, SK kepanitaian Sail Tidore  lebih cepat jika dibandingkan dengan Sail Morotai 2012 lalu. Dengan begitu, panitian daerah memiliki banyak waktu menyusun rencana dan anggaran penyelenggaraan sail di 2021 nanti.

“Dulu Sail Morotai, keputusan presidennya keluar dalam posisi tahun anggaran yang telah berjalan, sehingga kita harus menggeser sejumlah item pos anggaran untuk kepentingan penyelenggaraan sail. Tapi sekarang, sudah jauh-jauh tempo SKnya sudah ada, jadi kita cukup punya waktu dalam mempersiapkan segala kebutuhan,” jelas sekprov.

Samsudin mengemukakan, dalam waktu dekat rencananya mengundang pemerintah kabupaten kota. Undangan bertujuan menjelaskan apa saja poin-poin yang dituangkan dalam surat keputusan. Selain itu, juga sekaligus pengetahuan bagi masing-masing pemerintah kabupaten kota.

“Saya sudah perintahkan Kepala Biro Hukum dan Kadis Pariwisata agar segera berkoordinasi untuk menyiapkan draf SK yang nantinya diajukan ke gubernur untuk ditandatangani,” katanya.

Turut hadir perwakilan Pemerintah Kota Tidore Kepuluan. Diantaranya
Staf Ahli Wali Kota Tidore Kepuluan bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Halil Ahmad, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Yakub Hasan, Kepala Dinas Kehutanan Imran Yasin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Saiful Latif, Kepala Badan Pembangunan dan Penelitian Daerah Syofyan Saraha, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ade Soleman. Sementara dari Pempov Malut meliptui, Kepela Dinas Pariwisata, M. Tahmid, Kepala Dinas PTSP Nirwan MT. Ali, Kepala Dinas Pendidikan Djafar Hamisi, dan Karo Hukum Faisal Rumbia.

Sekedar diketahui, Ketua pantia pada pergelaran Sail Tidore 2021 ini adalah Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Nomor: 28 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Sail Tidore tertanggal 24 Februari 2020. Wali kota dan bupati masing-masing kabupaten kota menjabat sebagai wakil ketua pelaksana di tingkat daerah. Tugas mereka adalah membantu Abdul Gani Kasuba menyiapkan semua persiapan termasuk kebutuhan demi suksesnya pergelaran. (han/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini