DPMPTSP Mulai Tertibkan Pelaporan Perusahaan

Editor: brindonews.com
Kepala DPMPTSP Maluku Utara Nirwan MT. Ali
SOFIFI, BRN - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Provinsi Maluku Utara, menjadwalkan dalam waktu dekat ini melakukan pengawasan  ke perusahaan di sepuluh kabupaten kota. Rencananya dalam pengawasan tersebut DPMPTSP menggandeng satuan kerja perangkat daerah atau SKPD terkait.

Kepala DPMPTSP Maluku Utara Nirwan MT. Ali menjelaskan, pengawasan tersebut bertujuan menyampaikan seluruh perusahaan untuk  taat melakukan Laporan Kegiatan Penanaman Modal atau RKPM. Mekanisme pelaporan menurut dia, dilaporan per triwulan atau 4 kali setahun dilaporkan ke DPMPTSP.

“Itu wajib. Karena itu penting untuk kita tindaklanjuti tentang progres kegiatan evaluasi adminitrasi perijinan PTSP ke pemerintah pusat,” kata Nirwan di Sofifi, Senin (9/3).

Target yang sasar adalah semua pelaku ekonomi, baik pertambangan, industri, pariwisata, perdagangan dan lain-lain. Sistim pengawasan kata Nirwan, dengan membentuk tim dengan keterwakilan satu orang masing-masing SKPD.

“Semua SKPD dilibatkan, termasuk insan pers. Tapi nanti kita lihat media atau wartawan siapa/mana yang diikutkan, karena masih bersifat usulan dan menunggu Ketua Komitas Pers Liputan Sofifi (Kompres) mengutus siapa yang akan ikut dalam pengawasan,” ucapnya.

“Pengawasan  dilakukan selama dua hari, namun tergantung kondisi dan jangkauan wilayah yang akan dikunjungi,” kata Nirwan menambahkan.

Pengawasan ini, lanjut Nirwan, lebih fokus pada  pembinaan laporan administrasi. Ikhwal ini menurutnya kebanyakan perusahaan secara langsung melaporkan laporannya ke pemerintah pusat.

“Prosedurnya pihak perusahaan lapor ke kabupaten terlebih dahulu, kemudian ke provinsi dan selanjutnya ke pusat. Jangan langsung melepas ke pusat,” terangnya. “Karena yang sering dijumpai kadang pelaporan ke pusat itu tidak terkafer dalam aplikasi, masih kosong. Ini yang perlu di sosialisasikan agar laporannya berjenjang,” sambungnya. (han/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini