|

Dikbud Malut Sebarkan Edaran Kemendikbud Terkait Pembatalan UN


Kadikbud Malut Imam Makhdy Hassan
SOFIFI, BRN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara  sudah menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) kepada seluruh kepala sekolah dan masing-masing kepala cabang dinas.

“ Surat edaran ini tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Satu poin, yakni batalnya gelaran Ujian Nasional (UN) tahun 2020”.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pendidikan (Kadikbud) Malut Imam Makhdy Hassan kepada wartawan Rabu (25/3/2020) mengatakan, menindaklanjuti surat edaran kemendikbud nomor 4 pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid 19 ini, pemprov juga menerbitkan edaran nomor 421/34/2020 tentang tindaklanjut surat edaran kemendikbud. Untuk di sampikan kepada sekolah dan masing-masing cabang dinas segera melaksanakan seluruh perintah yang termuat dalam surat edaran kemendikbud. Kita ikuti arahan menteri sesuai surat edaran," ulasnya “.

Menurutnya, ada beberapa poin yang tertuang dalam edaran tersebut yakni, pembatalan Ujian Nasional (UN), termasuk uji kompetensi bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK0 tahun 2020, proses belajar dari rumah dengan seluruh penjelasannya, ujian sekolah untuk kelulusan dengan seluruh ketentuan, Kenaikan kelas yang dilaksanakan dengan berpedoman pada ketentuan yang telah ditetapkan,penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan seluruh ketentunnya dan  Penggunaan dana bos untuk mengatasi penyebaran virus corona dengan memperhatikan ketentuan yang termuat dalam Petunjuk Teknis (Juknis) BOS tahun 2020.

Menurutnya, jika ada hal hal teknis yang belum dipahami atau diperlukan penjelas dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, agar dapat menghubungi, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus, serta masing-masing Kepala Cabang Dinas Kabupaten/Kota agar memantau dan memastikan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Surat Edaran Kepala Dinas Penidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara telah diterima dan dilaksanakan disatuan pendidikan diwilayah masing masing. (tim/red)


Komentar

Berita Terkini