Data ODP Covid-19 Bertambah Jadi 178 Kasus

Editor: brindonews.com
PDP dan OTG Ikut Naik

Grafis notifikasi perkembangan Covid-19 di Maluku Utara | Naskah : brindonews
TERNATE, BRN - Update orang dalam pemantauan atau ODP virus corona di Provinsi Maluku Utara per 28 Maret 2020 terus mengalami peningkatan. Kota Tidore Kepulauan menjadi wilayah dengan kasus OPD Corona Virus Disease atau Covid-19 tertinggi.

Data terbaru menunjukan ODP Covid-19 mencapai 39 kasus terjadi di Tidore Kepulauan. Selain Tidore Kepulauan, kasus OPD terbanyak lainnya yaitu Kota Ternate dengan jumlah 35 orang, disusul Halmahera Utara 33 orang.



Data notifikasi kasus penanganan coronavirus per wilayah kabupaten kota, yang dirilis gugus tugas Covid-19 Maluku Utara ini sama terjadi pada status orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pengawasan atau PDP.  Untuk ODP, terjadi penambahan 7 orang dari sebelum 171 kasus. Akumulasi total orang dalam pemantauan berjumlah 178 kasus.

Sementara untuk PDP, dari sebelumnya 6 naik menjadi 7 orang. Satu pasien tambahan asal Halmahera Utara ini tengah menjalani perawatan di RSUD Tobelo. Sedangkan untuk OTG terjadi penambahan 5 kasus di Kota Ternate. Total OTG naik 38 dari 35 kasus sebelumnya.

Juru bicara Gugus tugas untuk penanganan coronavirus, dr. Rosita Alkatiri | Foto : gugus tugas/brindonews
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Siaga Darurat Bencana Non Alam Provinsi Maluku Utara, dr. Rosita Alkatiri menyatakan, meningkatnya notifikasi ODP, PDP dan OTG ini berdasarkan hasil pengolahan data dan informasi dari dinas kesehatan kabupaten dan kota.

Jumlah ODP, kata Rosita, selain terjadi peningkatan, ada pula pasien yang harus dikeluarkan/dipulangkan karena sudah melewati masa inkubasi 14 hari.

“Pasien yang sudah melewati inkubasi harus di keluarkan/dipulangkan,” kata Rosita dalam keterangan tertulis yang diterima brindonews, Sabtu (28/3) malam.

Rosita mengatakan, sebanyak 5 PDP menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoirie Ternate. Sementara 1 PDP asal Jailolo tengah dilakukan upaya rujukan ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate untuk di rawat lebih lanjut. (han/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini