Conoras Soroti Galian C Milik Pejabat Pemprov

Editor: brindonews.com
Muhammad Conoras 


TERNATE, BRN Aktivitas pertambangan Galian C di Kota Ternate masih menuai polimik di kalangan masyarakat, akibanya para praktisi hukum di Maluku Utara  pun angkat bicara
Pengacara senior Muhammad Conoras kepada awak media  Selasa (3/3/2020) mengatakan, aktivitas Tambang Galian C terutama milik beberpa pejabat publik di Malut wajib hukumnya di selesaikan oleh penegak hukum.

Menurutnya,  Direktorat Reserse Korminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Malut mestinya tidak hanya melidik tambang Galian C milik Mahmud Esa. Akan tetapi semua Tambang Galian C di wilayah Kota Ternate termasuk Tambang Galian C pejabat pemprov dalam hal ini Pelakasana Tugas (plt) kepala Biro Umum Setda malut Jamaludin Wua dan Oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate Atas nama Makmur Gamgulu.

Penegasan ini tentunya, seorang pejabat publik wajib memberikan contoh teladan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan bukan untuk merusak. Olehnya itu dirinya meminta kepada Polda Malut untuk segara melakukan penyelidikan.

" Selama ini aktivitas galian C diduga ada permainan, sehingga ini menjadi pertanya apakah dinas tekhnis tidak mengetahui soal ini ataukah sengaja membiarakan aktivitas galian memikirkan dampak negatif " ungkap Conoras.

Kata dia, aktivitas galian C di Kota Ternate yang kian mulai merak, dirinya menyarakan kepada Polisi dan Jaksa segara melakukan penyelidikan, karena itu masuk pada pidana lingkungan. " Apenegak hukum segara melakukan penyelidikan, untuk mengungkap siapa dibalik kepemilikan galian C di Ternate.

Meski demikian, Conoras juga meminta kepada pemerintah Kota Ternate harus membatasi galian C. Apa urgensi perda yang dimasukan dalam hirarki UU. Itu artinya, perda telah mengatur kearifan lokal seperti galian C.

Dirinya menuturkan, pemerintah tidak harus memberikan ijin, penggarukan/pemertaan tetapi harus ijin usaha pertambangan (IUP). " Ijin pengarukan terhadap gunung kecil itu nantinya kedepan akan berdampak pada lingkungan masyarkat sekitar," tegasnya (tim/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini