Rabu, 18 Maret 2020

BPBD Pultab Bentuk Posko Penanganan dan Pencegahan virus Corona

Tim Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pulau Taliabu
TALIABU, BRN - Badan Penanggulangan Berencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu, akan segera membentuk Posko Induk Tim Penagan Corona Virus (Covid-19) di Ibu Kota Bobong Kabupaten Pulau Taliabu dan di setiap Kecamatan Pulau Taliabu, dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona.

Kepala Badan Penanggulangan Berencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu Sutomo Teapon, kepada wartawan Rabu (18/3/2020) mengatakan, pembangunan Posko Induk Tim Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pulau Taliabu, dan Posko Penanganan di setiap Kecamatan Pulau Taliabu.

"Kami sudah selesai bentuk Tim Penanganan Covid-19 dan setelah ini akan kami akan membentuk Posko Induk Penanganan Covid-19 di Kota Bobong yang bertempat di Pelabuhan Bobong, untuk di seluruh Kecamatan Pulau Taliabu kami akan memerintahkan cabang BPBD yang ada di setiap Kecamatan agar membentuk Poskoā€¯ jelasnya.

Lanjutnya, Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu langsung meninjau dan memantau setiap Kapal masuk di pelabuhan untuk di lakukan tes setelah itu dilanjutkan ke masing-masing Kecamatan di Pulau Taliabu.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Taliabu, Rauf menambahkan untuk dishub sendiri hanya melakukan pamantaun keselamatan dan dokumen kapal. " Kami hanya berwewenang menjaga keselamatan pelayaran dan dokumen kapal, keluar masuknya kapal itu tugasnya kami, kalau masalah itu (Covid-19 - Red) itu rananya Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), tapi karena kita di Bobong sini tidak ada Kantor Kesehatan Pelabuhan, Pemerintah Daerah yang mengambil alih, katanya. 

Kata dia, adanya informasi masuknya orang asing melalui Kabupaten Luwuk, harusnya ada kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah luwuk." Saya bukan mengajari, tapi alangkah baiknya Pemerintahan Daerah ink harus ada kerjasama dengan Pemerintah Luwuk Kabupaten Banggai, untuk ada Back Up-nya disitu, jadi dari sana itu protapnya seperti apa, sehingga masuk kesini sudah steril," harapnya (ode/red)

Label: