|

Antisipasi Hoaks Corona, Polda Malut Giat Patroli Cyber

Adip: Akun penyebar hoaks akan di tindak

AKBP. Adip Rojikan
TERNATE, BRN - Kepolisian Daerah Provinsi Maluku Utara atau Polda Malut tengah melakukan patroli cyber guna mengantisipasi munculnya hoaks seputar virus corona pandemi. Polisi bakal menindak siapapun yang menyebarkan hoaks corona.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Malut, Ajun Komisaris Besar Polisi Adip Rojikan mengatakan, jajarannya sudah memelototi penyebaran berita bohong di media sosial dengan membentuk tim khusus.

Mantan Kapolres Bantaeng ini mengemukakan, pembentukan tim khusus itu bertujuan melakukan pengawasan di dunia maya. Akun penyebar hoaks akan di tindak sesuai perundang-undangan yang berlaku melalui Subdit Cyber Crime  Kriminal Khusus Polda Malut.

“Masyarakat mulai resah seiring maraknya berita atau informasi yang belum diketahui kebenarannya beredar di media sosial, baik instagram, facebook dan tweeter,” kata Adip, Jumat (27/3).

Adip mengimbau kepada masyarakat agar lebih selektif dalam menerima informasi yang belum tentu benar. Dia juga meminta tiap informasi yang diterima lebih dulu di cerna dengan akal sehat sebelum di sebarkan.

“Memfilter dan mencerna, serta cerdas membedakan mana informasi benar dan tidak itu penting. Kenapa, ini agar terhindar dari hoaks yang bisa merugikan diri sendiri”, katanya.

Adip menyatakan video bayi yang menyebutkan makan telur rebus dapat menangkal virus corona. Gambar visual yang belakangan viral di media sosial ini sama sekali tidak masuk akal.

“Di lihat dari video viral ini merupakan video editan. sehingga video tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan dan bisa dipastikan hoaks,” terangnya. (han/red)
Komentar

Berita Terkini