Pasutri Usia Anak Tidak Diterbitkan Buku Nikah

Editor: brindonews.com
Musyrifah Alhadar
SOFIFI, BRN - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DP3A Maluku Utara bakal tidak mengeluarkan akta dan buku nikah untuk pasangan suami istri atau pasutri dibawah usia. Dispensasi itu akan diterapkan kalau pasangan yang menikah masih belum cukup umur atau berkategori anak.

Pelaksana tuga Kepala DP3A Malut, Musyrifah Alhadar menjelaskan, alasan diambilnya dispensasi itu menyusul disahkanya batas usia menikah, yaitu maksimal 19 tahun. Keputusan ini diatur atau tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Alasan lain mengeluarkan kebijakan tersebut mengikhtiarkan beberapa faktor, salah satunya kesiapan dalam berumahtangga dengan usia yang tergolong dini. Musyrifah mengatakan, ketidaksiapan berumahtangga sering kali memicu kekerasan terhadap rumah tangga atau KDRT dan menyumbang tingkat perceraian dini yang semakin tinggi.
  

“Ini harus dilakukan sosialisasi, terutama di setiap sekolah menengah atas dan kepada masyarakat. Dalam melancarkan sosialisasi ini dibutuhkan kerja sama antar media , LSM, dan lembaga hukum lainnya agar tidak semata-mata pemerintah jadi tulang punggung,” katanya, Senin (3/2).

Musyrifah menyebut, sosialisasi nantinya dilakukan itu guna memberikan pemahaman reproduksi remaja dan parenting atau pendidikan keluarga untuk orangtua di setiap kabupaten/kota. Ini bertujuan meningkatkan sebagai strategi mencegah resiko masalah reproduksi remaja dan penguatan atau meningkatkan peran orangtua bagaimana cara menjadi teman untuk anak.

“Ini akan dilakukan di kabupaten/kota usai dari rapat koordinasi daerah. Dalam rapat koordinasi ini, akan dilakukan pendatanganan pakta integritas provinsi dan kabupaten/kota untuk menindaklanjuti Gerakan Bersama  Pencegahan Perkawinan Anak atau Geber PPA untuk wujudkan Indonesia Layak Anak Tahun 2024,” katanya.

“Agar hak-hak anak bisa turuti seperti hak pendidikan, hak Kesehatan, dan hak lainnya,” sambungnya. (na/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini