Panwaslu Ternate Tengah Perpanjang 7 Hari Rekrutmen Calon PPL

Editor: brindonews.com
Tiga Komisioner Panwaslu Ternate Tengah mewawancarai peserta calon seleksi Anggota PPL pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate tahun 2020. Foto diabadikan saat tes wawancara rekrutmen Anggota PPL Kelurahan/Desa pada Rabu 20 Februari 2020. (dok: Risaldi)
TERNATE, BRN - Panitia Pengawas Pemili atau Panwaslu Kecamatan Kota Ternate Tengah memparpanjang masa rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Lapangan atau PPL. Penambahan waktu itu menyusul beberapa kelurahan di kecamatan setempat minim peminat.

Ketua Panwaslu Kota Ternate Tengah, Mustakim Jamal menjelaskan, perpanjangan rekrutmen PPL segera dilaksanakan pekan depan. Pendaftaran akan dibuka dari tanggal 27 Februari sampai 4 Maret 2020.

Perpanjangan waktu pendaftaran itu hanya di enam keluarahan di Kecamatan Kota Ternate Tengah.  Menurut Mustakim, enam kelurahan tersebut belum memenuhi 2 kali jumlah atau target pendaftar yang ditargetkan. 6 kelurahan itu diantara Takoma, Tongole, Stadion, Muhajirin, Gamalama dan Tanah Raja.

Adapun tempat penerimaan pendaftaran menurutnya, dilakukan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Kota Ternate Tengah, Jl. Kapitan Patimura, No. 9, Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

“Pendaftaran dibuka mulai pukul 18.25 WIT pagi. Prosedur pengembalian administrasi berkas masih sama seperti sebelumnya,” kata Taken, begitu Mustakim disapa, Sabtu (22/2) malam tadi.

Taken mengemukakan, sebanyak 16 orang penyelenggara tingkat kelurahan yang akan bertugas di 16 kelurahan untuk tahapan pemilihan serentak tahun 2020.  Masing-masing kelurahan akan dipilih 1 orang terbaik yang berintegritas dan siap mengemban tugas pokok dan fungsi PPL.

“Calon anggota PPL harus memenuhi syarat usia minimal berusia 25 tahun,” terangnya.

Para calon kata Taken, harus sehat jasmani dan rohani, bebas penyalahgunaan narkotika, tidak terlibat tim sukses pasangan calon, tidak terlibat menjadi anggota atau pengurus partai politik dalam 5 tahun terakhir. Selanjutnya, tidak pernah dipidana penjara atau sanksi ancaman minimal 5 tahun dan tidak terikat perkawinan sesama penyelenggara pemilu.

Bagi pelamar yang mau mendaftar, dapat memasukkan surat lamaran yang ditujukan kepada Panwaslu Kecamatan Kota Ternate Tengah dengan melampirkan, foto copy kartu tanda penduduk atau KTP elektronik, pas foto warna terbaru ukuran 3x4 dua lembar latar biru, dan foto copy ijazah pendidikan terakhir legalisir atau menyerahkan fotocopy ijazah terakhir dengan menunjukkan ijazah asli.

“Serta daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat dari rumah sakit/puskesmas, surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang, surat izin dari atasan untuk mengikuti seleksi dan bekerja penuh waktu apabila terpilih bagi yang menjalani profesi lain,” katanya. (brn)
Share:
Komentar

Berita Terkini