Ketum IAP Nasional : Membangun Kota Sofifi Jangan Hanya Bermodal Satu Transportasi Laut

Editor: brindonews.com

Ketua Umum IAP, Dr.phil,Hendricus Andy Simarmata,

T E R N A T E, BRN
- Membanguna satu kota itu tidak tumbuh secara otomatis, tetapi timbuh secara berjenjang dengan memanfaatkan aliran ekonomi dari Kota, Desa atau wilayah sekitarnya, ungkap Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Nasional Dr.phil,Hendricus Andy Simarmata,ST,M,Si kepada wartawan  di ruang Direktorat Unkhair Ternate Kamis, (20/02/202).

Menurutnya,  kalau pemerintah ingin membangun kota di gugusan pulau-pulau kecil yang terpenting adalah akses dari tempat A ke tempat B, tempat C ke A itu tidak hanya dilayani satu modal transportasi seperti jalur laut tetapi harus bisa melalui udara dan jalur penghubung lainnya.

" Berbeda dengan kota ternate yang cepat maju karena kalau kita datang tidak bisa melalui jalur laut berarti bisa pakai udara. Akses itu nomor satu" ujar Hendricus.

lanjut dia, membangun kota baru khususnya kota pemerintahan itu tidak mudah karena semua tidak bisa mengandalkan ekonominya dari jasa pemerintahan, tidak ada di dunia ini apalagi skala Provinsi ada kota yang tumbuh hanya dengan ekonomi jasa pemerintahan. Berbagai ibu Kota di Negara lain pun ada pusat pemerintahan dan pendidikannya"Jelas Hendricus.

Lanjut Hendricus kalau pendidikan itu banyak mahasiswa datang, banyak kamar kost dan warung makan. Maka transportasi juga akan hidup, ditambah dengan wisata banyak objek-objek wisata yang di akses melalui kota sebagai tempat pertemuan, otomatis bisa dikembangkan.

Kalau Sofifi ingin tumbuh lebih cepat dari sekarang, pemerintah harus menambahkan fungsi-fungsi baru.  Menurut Hendricus yang utama sofifi tidak bisa kita temukan tempat untuk jalan kaki dari kantor A ke kantor B itu juga indikator kalau kota itu tidak ramah terhadap pejalan kaki. kedua orang tidak bisa menemukan tempat berteduh misalnya taman yang luas, dan danau sebagai tempat rekreasi.

Kota merupakan tempat dimana orang bekerja, orang berpendidikan, orang memenuhi kebutuhan hidupnya. Olehnya itu kota harus melayani semua kebutuhan itu. Jika di s Pofifi tidak ada yang melayani kebutuhan rekreasi seperti demikian dipastikan sore orang sudah kabur dari sofifi karena Kenyamanan hidup berkota tidak ada.(han/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini