Banyak SKPD Belum Jalankan Instruksi Gubernur

Editor: brindonews.com
Kepala Biro Pengadaan Barang Dan Jasa Provinsi Maluku Utara Saifuddin Djuba


SOFIFI,BRN – Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba menginstruksikan agar semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi mengajukan kegiatannya masing-masing ke ULP untuk ditenderkan selesai pada Maret 2020. Namun, sebagian besar belum menyiapkan dokumen kegiatan. 

Karena itu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Malut Saifuddin Djuba mengatakan, pihaknya tidak optimis jika Maret bisa mencapai target sesuai instruksi Gubernur. Saat ini, yang sudah ikut tender pekerjaan baru Dinas PUPR. Sedangkan yang lain seperti Badan Keuangan dan Inspektorat baru makan minum.

“Dinas PUPR sebagian besar sudah diumumkan terutama perencanaan, supervisi kemudian proyek-proyek yang sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) itu sudah ditenderkan,” kata Saifuddin ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu( 19/02/202).

Menurutnya, semua tergantung kesiapan SKPD. Jika dokumken semua SKPD sudah siap maka SKPD sudah menyampaikan ke Biro Pengadaan Barang dan Jasa. “Dan tugas Biro PBJ selalu siap dan hanya menjaga dokumen yang masuk langsung dilepas dan tender,”ujarnya.

Saifuddin menjelaskan, jika SKPD yang lain terlambat menyampaikan dokumen persiapan pemilihan proyek, akan mempengaruhi target yang diinginkan oleh Gubernur pada Maret mendatang karen ini berkaitan dengan sistem. “Mulai dari tahapan perencanaan, persiapan dan itu ada di SKPD. Di mana hal itu urusannya penggunaan anggaran atau PPK. Setelah itu, PPK menyusun dokumen persiapan pemilihan  kemudian spesifikasi atau kerangka acuannya rancangan kontrak, kemudian mereka aplod ke sistem  Biro PBJ. Selanjutnya  Biro PBJ distribusi ke Pokja satu atau pokja dua dan seterusnya untuk tender,”jelasnya.

Dia menambahkan, hal tersebut bisa saja bergeser karena melihat kondisi SKPD yang tidak siap. “Sekitar 50%, tetapi saya pastikan untuk kegiatan-kegiatan yang strategis misalnya pertama kegiatan STQ di pastikan Maret. Yang kedua, sumber dana DAK karena itu penting sekali  kemungkinan besar di Maret bisa tuntas,”tutupnya. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini