PT. Tekindo Disanksi Pencabutan Izin dan Pemberhentian Operasi

Editor: brindonews.com
MUNAIDI KILKODA
TERNATE, BRN - Sikap PT. Tekindo Energi yang membuang ore di perairan Halmahera Tengah (Halteng) bakal berbuntut panjang. Perusahaan tambang ini rencananya di sanksi pencabutan izin lingkungan dan pemberhentian operasi.

Munadi Kilkoda, Sekretaris Komisi III DRPD Halmahera Tengah menyatakan, pemberian sanksi itu menyusul pihak perusahaan dengan kesengajaan membuang ore di laut Halteng. Perbuatan ini merupakan pelanggaran lingkungan yang tidak bisa dibiarkan.

Munadi mengatakan, pencabutan izin lingkungan dan pemberhentian operasi dilakukan kalau sudah mengantongi hasil uji baku mutu air laut. DPRD, kata dia, dalam waktu dekat akan memanggil DLH Halteng untuk menyampaikan hasil investigasi. “Sanksi bisa pencabutan izin lingkungan dan pemberhentian operasi, ini diambil pemerintah termasuk DPRD,” katanya.

“Mendorong LSM yang konsen pada isu-isu lingkungan untuk melaporkan kasus PT. Tekindo ke Komnas HAM, Kantor Staf Presiden, juga ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK agar mereka ikut memantau proses yang sedang berlangsung,” sambungnya. (mal/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini