Ledakan Bom di Musallah di Kalumpang

Editor: brindonews.com
Benda yang diduga bom.
TERNATE, BRN - Sebuah bom rakitan meledak di Musallah Darulliftah  di Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara. Bom itu diduga meledak pada Jumat tadi malam sekira pukul 01.30 WIT dinihari.

Insiden diawal tahun ini langsung cepat ditangani Unit Penjinak Bom Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Maluku Utara, dengan melakukan identifikasi di tempat kejadian perkara atau TKP. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Komandan Satuan Brimob  Polda Maluku Utara, Kombes Pol. Muhammad Erwin mengatakan benar adanya insiden itu. Menurut informasi yang diterima kata dia, benda yang diduga bom itu meledak dinihari tadi malam. “Sesuai informasi, dugaan ledakan itu di Masjid/Musollah Darulliftah di Kelurahan Kalumpang,” kata Erwin, Jumat (3/1).
Erwin manyatakan, sebanyak 7 anggota penjinak bom diterjunkan guna mensterilkan lokasi. Selain itu, anggota langsung mengamankan barang bukti berupa pecahan ledakan untuk di identifikasi lebih lanjut.
Berdasarkan hasil indentifikasi sementara, lanjut Erwin, bekas ledakan tersebut masih mengarah ke petasan bentuk rocket parasut flare. “Dugaan sementara motifnya dari kejadian tersebut belum diketahui, namun sudah dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh penyidik Polres Ternate,” ujarya.
Seorang Anggota Gegana Brimob Polda Malut saat menjinakkan benda yang diduga bom. Bom ini meledak di Musallah Darulliftah di Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah, Kota Ternate.
Panit Opsnal Intelmob Polda Maluku Utara, Aiptu Junaidi Umabaihi menjelaskan, atas kejadian tersebut dia bersama tim intelmob langsung bergerak menuju TKP dan mengumpulkan informasi. Berdasarkan keterangan saksi Septian Amsar (30), pusat ledakan berada di lantai II musallah.
“saat kejadian itu saksi dan dua rekanya lagi duduk nyantai dengan kopi di teras Musallah Darulliftah, dan tiba-tiba terdengar suara ledakan yang keras di lantai II,” terang Junaidi mengutip keterangan Amsar.
Akibat peristiwa itu kata Junaidi, selongsong bekas ledakan langsung jatuh ke lantai I musallah, kemudian saksi dan dua rekanya itupun bergegas meminta pertolongan ke warga setempat. “Saksi juga langsung lapor ke Posko Brimob Polres Ternate,” katanya.
Junaidi mengatakan, laporan tersebut personil gegana langsung melakukan apel pengecekan unit penjinak bom atau Jibom Satrbimob Polda Malut.  Adapun anggota yang terjun di TKP  sebanyak 7 perosnil yang dipimpin Panit I Jibom, Iptu Nurdin Halima. “Tim Jibom Satbrimob Polda Malut sudah lakukan pengamanan di area tersebut dan sudah diamankan barang bukti bekas ledakan,” kata.
Junaidi menyatakan tidak ada korban jiwa dalam perintiwa ini. “Data kerusakan material di musallah pun tidak terlalu parah hanya bekas ledakan yang terjadi. Sekarang sudah kami serahkan ke penyidik untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kasus ini, karena belum tau siapa pelakunya,” pungkasnya. (brn/pm)
Share:
Komentar

Berita Terkini