Tim Akreditas lakukan Survei di Puskesmas Losseng

Editor: brindonews.com
Kuraisia Marsaoly
TALIABU, BRN - Tim Surveior Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan survei kesehatan tingkat pertama di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Losseng, Desa Losseng, Taliabu Timur Selatan, Pulau Taliabu, Maluku Utara, Senin (9/12).

Tim ini rencananya melihat tiga indikator atau komponen yang nantinya dinilai. Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly menjelaskan, tiga komponen yang menjadi penilaian itu meliputi administrasi menajemen, upaya kesehatan masyarakat, dan upaya kesehatan perorangan.

Upaya kesehatan masyarakat atau UKM mencakup promosi kesehatan, pemeliharaan kesehatan, pemberantasan penyakit menular, penyehatan lingkungan dan penyediaan sanitasi dasar. Serta perbaikan gizi masyarakat, pengamanan sediaan farmasi dan alat kesehatan, pengamanan penggunaan zat adiktif termasuk narkotika dan zat adiktif berbahaya lainnya.

Sedangan upaya kesehatan perorangan atau UKP seperti pengobatan rawat inap jalan, pencegahan penyakit, pengobatan rawat inap, serta pembatasan dan pemulihan kecacatan yang ditujukan terhadap perorangan. UKP juga didalamnya ada upaya-upaya promosi kesehatan.

Menurut Kuraisia, di Kabupaten Taliabu ada dua puskesmas yang dilakukan survei, yaitu Puskesmas Losseng dan Puskesmas Nggel, Kecamatan Taliabu Barat Laut. Kedua puskesmas ini disurvei oleh lembaga independen dari Kementerian Kesehatan Indonesia. “Puskesmas Losseng dalam waktu dekat dan akan menyusul Puskesmas Nggel,” katanya.

Kegiatan ini setiap puskesman disurvei tiga orang (surveior). Hasil survei akan dinilai oleh Tim Komite Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan selanjutnya disampaikan kemballi ke dinas. (her/pn/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini