Oknum Jaksa “nakal” Bakal Diproses

Editor: brindonews.com
Andi Herman

TERNATE, BRN - Rumor dugaan keterlibatan oknum jaksa “nakal” rupanya sudah sampai di telinga Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara yang baru, Andi Herman. Bahkan, Andi berjanji dibawa kepemimpinan bakal menindak oknum jaksa yang suka minta-minta jatah fee proyek. 

Andi mengaku peninindakan tegas terhadap oknum jaksa tetap dilakukan kalau saja terbukti. Guna mengetahui pangkal masalah, langkah ikhtiar yang dilakukan di hari pertama berkantor di Kejati Malut adalah mengidentifikasi berbagai modus yang kerap di pakai. Ini bertujuan mengetahui persoalannya seperti apa, kemudian mendalami masalah dan berikutnya menindaklanjuti.

“Ini merupakan masukan. Namun selaku pimpinan, semuanya akan kami identifikasi dan dalami agar bisa ditindaklanjuti,” kata Andi, Senin (30/12).

Menuruti, apabila proses identifikasi nanti ditemukan bukti, itu jelas ada pelanggaran. Kendati demikin, sebagai pimpinan bari dia terkesan tidak terburu-buru mengambil sikap. “Akan ada tindakan, dan dugaan itu perlu unsur faktanya sehingga didalami seperti apa faktanya,” terangnya

Andi bilang, dalam penegakan hukum tidak serta merta sebatas informasi saja, melainkan diperkuat dengan bukti. Apapun itu masalahnya tentu harus berdasarkan fakta dibalik dugaan kasus yang disurigai. “Karena tidak bisa aparat penegak hukum bergerak tanpa dasar fakta, kemudian penegak hukum itu hanya sebatas berasumsi,” katanya.

“Tindak kasus itu harus berdasarkan fakta sehingga ada konsukwensinya, dan apabila ternyata tidak ada faktanya maka tindakan itu juga ada konsukwensinya,” Andi menambhakan sembari mengatakan, setiap perbuatan oknum jaksa baik itu nyata atau tidak perlu didukung bukti. Dari situ maka ada tindakan tegas yang bersangkuta. (brn)
Share:
Komentar

Berita Terkini