Ikbal: Komunikasi Lintas Partai Adem-adem Saja

Editor: brindonews.com
Foto Ikbal Hi. Djabid didampingi timya saat mengembalikan formulir pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Ternate 2020-2025 ke DPC PKB Kota Ternate, Sabtu (14/12) sekira pukul 17.00 WIT sore. Berkas diterima Yusril Bailussy, anggota tim penjaringan PKB.
TERNATE, BRN - Ikbal Djabid semakin memantapkan diri untuk melenggang ke bursa bakal calon Wali Kota Ternate pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 nanti. Sabtu (14/12) sore tadi Ikbal didampingi timnya mengembalikan formulir pendaftaran ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Ternate.

Menurut Ikbal, pengembalian berkas pencalonannya di PKB merupakan partai ketiga dari 4 partai yang didaftarnya, yaitu Gerindra, PPP, dan PDI Perjuangan. Pengembalian formulir pendaftaran ini sekaligus menepis rumor yang meragukan langkahnya diajang pemilihan wali kota dan wakil wali kota mendatang.


“Komunikasi lintas partai adem-adem saja, umumnya dilakukan seperti di partai lain. Itu rumah tangga mereka, nantinya mereka yang memutuskan, kembali ke masing-masing karena itu ranahnya partai,” kata Ikbal usai mengembalikan persyaratan pencalonan.

Ketua Penjaringan DPC PKB Kota Ternate, Najib Hi. Talib mengatakan, bakal calon (balon) Ikba Djabid menjadi peserta kelima yang menyerahkan berkas dari 12 kandidat yang mengambil formulir. Sebelumnya ada balon wali kota Abdurahman Lahabato, Mubin A. Wahib, M. Hasan Bay, dan Iriansyah Tajuddin. “Dihari keempat penjaringan kurang lebih ada 5 yang sudah masukkan berkas. Nama-nama itu 4 diantaranya balon 01 dan satunya lagi balon 02 yaitu Pak Iriansyah Tajuddin,” katanya.


Proses penjaringan belum masuk ke tahap final. Langkah berikutnya data atau berkas akan diverifikasi internal sebelum diplenokan dan diserahkan ke pengurus pusat, selanjutnya dewan pengurus pusat akan mengeluarkan penetapan siapa yang akan direkomendasikan. 

“Para balon masih melewati beberapa tahapan lagi, diantaranya curah gagasan di tingkat daerah, fit and proper test di pengurus pusat dan tidak menutup kemungkinan ada survei internal. Survei ini sesuai arahan DPP,”

Najib mengemukakan, calon yang mengembalikan berkas menunjukkan keseriusan mendapatkan perahu PKB. Dia mengimbau kepada kontestan lain yang belum mengembalikan syarat pencalonannya agar segara memasukkan sesuai deadline waktu yaitu 17 Desember 2019 pukul 00.00 malam. “Kalau masih dianggap kurang, ada waktu atau masa perbaikan berkas selama 5 hari,” katanya.

Bangun Ternate Lebih Baik

Ikbal Hi. Djabid tergolong ‘peserta baru’ dalam kontestasi Pilkada Kota Ternate. Meski begitu, dipastikan akan ada warna baru di pesta politik lima tahunan ini. Bukan saja soal peserta barunya, kemampuan enterpreneurship yang dimilikinya bakal menawarkan banyak gagasan dan ide baru pembangunan kota ini.
Menyusun konsep Kota Ternate dalam lima tahun kedepan sudah dicanangkan matang-matang. Pembangunan sarana infrastruktur serta pertumbuhan ekonomi tetap menjadi prioritas tanpa merubah wajah kota yang ditorehkan pemimpin-pemimpin sebelumnya. “Kita akui dan menghargai pemimpin sebelumnya yang membawa dan membangun ternate. Tugas kita menjaga, melanjutkan, jika ada yang kurang disempurnakan,” katanya.
Menurutnya, Ternate adalah kota jasa. Potensi dan peluang partisipasi generasi muda dalam pembangunan terutama sektor ekonomi, khususnya pertumbuhan wirausahawan menjadi ujung tombak pembangunan daerah. “Kita punya banyak spot-spot yang merupakan peluang pertumbuhan ekonomi. Ini yang nantinya dikemas lalu dijual, yang pasti kedepan Ternate lebih baik lagi. Contohnya di Kota Bali,” katanya.
“Kalau soal siapa calon wakilnya sampai saat ini belum pembahasan. 02 itu ada kalau sudah koalisi,” sambungnya. (brn)
Share:
Komentar

Berita Terkini