Akademisi Apresiasi Kegiatan Sibualamo

Editor: brindonews.com

Foto bersama usai Dialog Publik Pengurus Besar Sibua Lamo dan Narasumber

TERNATE, BRN – Setelah di Kukuhkan, Pengurus besar Sibualamo mulai ection dengan menggelar diskusi public dengan tema” DBH Malut Solusi Atau Masalah”. Kegiatan dialog public ini di pusatkan di Kedai Buyun, Kamis (17/12/2019), dengan hadir sebagai narasumber yakni perwakilan dari DPRD Provinsi Malut, H Wahda Zaenal Imam, Akademisi Prof.dr. Ruslan Soleman, dan Aji Deni,  Perwakilan Pemprov Malut Muhdar Adam, dan di pandu Abukader Bubu sebagai moderator.

Prof Roslan Soleman kepada wartawan usai kegiatan mengatakan, apresiasi kepada pengurus besar Sibualamo yang memiliki kepedulian terhadap provinsi Maluku Utara untuk mencari solusi untuk menyelasikan tata cara penyelesaian pembayaran DBH kedepan yang lebih baik.

Menurutnya, keterlambatan system pembayaran DBH ini hanya terjadi pada triulan empat akhir tahun, dan itu bisa terjadi pergesarn-pergesaran pada kebijakan yang mungkin dilakukan, atau kemingkinan ada data yang terlambat, yang pasti pemerintah provinsi memiliki niat baik untuk membayar DBH yang belum terbayar pada triulan ke IV .

Solusinya untuk percepatan pembayaran DBH ini yang terpin ada data yang falid, dimana provinsi sebagai mediator. DBH itu sudah ada di APBD jadi tinggal menunggu waktu pembayaranya saja. 

“ semoga kedepan system pembayaran DBH tidak lagi terjadi keterlambatan”.

Sementara ketua umum PB Sibua Lamo Saifuddin Djuba mengatakan,tujuan diskusi yaitu Sibualamo sebagai bagian dr stakholder di malut berkeinginan utk memediasi atau memfasilitasi berbagai problem yang muncul di publik malut akhir akhir ini, kebetulan isu yg paling hanggat saat ini adalah ributnya beberapa kab kota soal DBH maka dr itu sibualamo mencoba mengangkat persoalan ini agar publik dan masyarakat tahu penyaluran DBH di provinisi maluku utara dan bagaimana komitmen kebijkan pemerintah daerah utk menuntaskan atau mencari solusi trhadap masalah itu.

Suasana Dialog Publik di Kedai Buyun

Harapanya Sibualamo menginginkan para petinggi negeri ini Pemda,Dprd,.Bupati, Walikota dam DPR RI dapil Malut utk duduk bersama saling memberi suport terutama masalah database trhadap sumber sumber pendapatan daerah sehingga bisa meminimalisir kebocoran  royalti baik dr pertambangan dan lain lain.

Kedepan Sibualamo terus terhadap proses pembangunan di Malut dan kami pun akan tampil dan siap memberi masukan dan saran kepada pemda provinsi malut kapan dan dimana pun kami siap.

Kata dia, kegiatan seperti ini akan terus di lakukan baik itu isu social,pendidikan, kesehatan dan budaya. Sibualamo hadir untuk menjalin silaturhaim antar sesam dan mamppuh mencari  solusi di berbagai macam masalah yang terjadi. (Ces/adv)
Share:
Komentar

Berita Terkini