4 Penyandang Disabilitas Ikut Pelatihan Ketrampilan

Editor: brindonews.com
Kadinsos Malut: Mereka di latih selama 5 - 6 bulan

Pose bersama Kepala Dinsos Malut, Andrias Thomas, 4 penyandang disabilitas dan beberapa pegawai dinsos lainnya. Foto ini diambil usai acara. (na/brindonews.com)
TERNATE, BRN - Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara (Dinsos Malut) mengirim 4 penyandang disabilitas fisik guna mengikuti bimbingan sosial di Makasar, Sulawesi Selatan. Prosesi pelepasan dilangsungkan di Hotel Archie Ternate, Jumat (27/12).

Kepala Dinsos Malut, Andrias Thomas menjelaskan, keempat penyandang disabilitas fisik itu di kirim ke Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makasar, Sulawesi Selatan. Mereka adalah Udin Sudin, Fatma Wahid, Suprigandi H.B, dan Riyan Rifaldi. “Harusnya lima orang, namun satu orang lainnya berhalangan sakit, maka yang dikirim hanya empat disabilitas,” kata Andrias saat disambangi brindonews.com Jumati tadi.

Andrias bilang, langkah yang dambil tersebut mengingat di Malut sendiri belum adanya balai disabilitas. Di Indonesia, kata dia, baru beberapa provinsi yang menyediakan tempat pelatihan bagi penyandang disabilitas, salah satunya termasuk Makassar. “Mereka yang dikirim ini untuk dilatih peningkatan keterampilan,” tuturnya.


Menurut Andrias, pelatihan akan terhitung mulai Januari 2020. Mereka selanjutnya diarahkan atau dibekali pengetahuan sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing pribadi selama 5 sampai 6 bulan kedepan.

“Mereka memiliki kemampuan yang berbeda beda, ada yang sudah punya keterampilan di bidang komputer, bahkan punya rencana untuk membuka usaha percetakan karena sudah punya basis. Justru itu lebih menarik,” katanya.

“Dan sekalipun belum  punya keterampilan seperti itu, tetapi tergantung dari balai yang mengarahkan di bidang mana yang akan mereka pelajari/tekumi untuk meningkatkan keterampilan mereka,” kata Andrias menambahkan.

Berharap setelah di latih, nantinya akan mendukung keterampilan yang mereka terima dengan mengeimplementasikan apa yang didapat selama pelatihan. Lewat bimbingan atau pelatihan ini bisa mengangkat kehidupan sosial mereka yang lebih baik lagi. (na/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini