|

Terdakwa Riswan Terancam 20 Tahun Bui

Foto Riswan (rompi merah) memegang barang bukti narkotika jenis sabu.

HALBAR, BRN - Kepolisian Resort (Polres) Halmahera Barat kembali menyerahkan berkas tahap II Riswan Salehu alias Riswan (26), Selasa (12/11). Pelimpahan tahap II ini Penyidik Narkoba Polres Halmahera Barat (Halbar) menyertakan tersangka dan barang bukti. Riswan adalah tersangka penyelahgunaan narkotika golongan 1 jenis sabu.

Kepala Unit (Kanit) Narkoba Polres Halbar, Brigpol Ridwan Hi. Sadek menyatakan  penyerahan tahap dua itu karena dianggap berkasnya lengkap. “Sebelumnya penyerahan tahap satu pada September lalu dan setelah dinyatakan P21 oleh Jaksa dan hari ini kita serahkan tahap duanya,” katanya.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Halbar, M. Asyhari Waisale membenarkan adanya penyerahan berkas tahap dua tersebut. Asyhari mengatakan, tahap berikutnya jaksa penuntut menyusun dakwaan dan melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri Ternate untuk di sidangkan.

“Kerena dari hasil pemeriksaan berkas tahap II serta terdakwa dan barang bukti tersebut telah diperoleh bukti yang cukup, terdakwa telah melakukan tindak pidana Narkotika sehingga di lakukan penahanan,” katanya.

Asyhari mengemukakan,atas pelimpahan itu terdakwa di tahan selama 20 hari. Riswan di tahan berdasarkan surat perintah penahanan Kepala Kejaksaan Negeri Halbar Nomor: Print - 324/ Q.2.17.3 / Euh.1/11/2019 tertanggal 12 November 2019. “Riswan langsung di titip di Lembaga Kemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Jailolo,” katanya.

“Terdakwa di ancam Pasal 112 ayat (1) atau Pasal 127 ayat (1) huruf a junto Pasal 132 Uundang-undang Republik Indonesia Nomor  35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman kurungan penjara selambat-lambatnya 20 tahun penjara,” tambahnya. (haryadi/red)
Komentar

Berita Terkini