|

Inspektorat Malut berhasil Selamatkan Uang Negara Puluhan Miliar



Ilustrasi Uang Tunai
SOFIFI,BRN - Inspektorat Provinsi Maluku Utara (Malut) berhasil menyelamatkan uang negara Rp 72.937.214.725 miliar. Hal itu disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum dan Evaluasi Pengawasan, Inspektorat Malut, Mu'djizah Bachmid, SH, MH, saat ditemui di ruang kerjanya, lantai satu kantor gubernur Malut, Sofifi, Rabu (13/11/2019) kemarin.

Penyelamatan uang negara yang mencapai puluhan miliaran tersebut, terhitung sepanjang tahun 2001 sampai 2018 dan ditindaklanjuti oleh Inspektorat Malut sampai bulan November 2019 sudah tercatat ada peningkatan penyelesaian temuan, baik temuan BPK RI Perwakilan Malut maupun inspektorat.

”Jadi kita kalkulasi dari keseluruhan laporan (temuan) sebelum (LHP-BPK) terbit dengan laporan sesudah  (LHP-BPK) terbit itu berjumlah 72 Milyar sekian dan sudah pengembalian ke kas daerah, itu senilai 72.937.214.725 Miliyar,” ungkap Mu'djizah.

Selain itu, ia juga menjelaskan adanya temuan pada pemeriksaan awal, sehingga dimana SKPD terkait langsung mengembalikan berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Malut.

”Jadi masih dalam tahap pemeriksaan yang masih dalam bentuk draf laporan itu mereka (SKPD) sudah melakukan pengembalian-pengembalian, sehingga pada waktu lampirannya terbit, temuan-temuan itu sudah selesai jadi tidak muncul lagi di laporan (LHP-BPK), kecuali administrasi, berupa teguran atau nilai-nilainya sudah tidak ada, karena mereka sudah melakukan pengembalian,” terangnya.(red)



Komentar

Berita Terkini