Ikbal Penuhi Undangan Forum Pembaruan Demokrasi

Editor: brindonews.com
IKBAL Hi. DJABID
TERNATE, BRN - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan di Duafa Center, Keluarahan Gamalama, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (24/11/2019) malam berlangsung khidmat.

Namun disisi lain, momentum memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan Forum Pembaruan Demokrasi Kota Ternate ini menjadi sarana meningkatkan silahturrahim dan memperkenalkan diri bagi para bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Ternate pada 23 September 2020 nanti. Para bakal calon atau balon kepala daerah yang datang itu adalah Ikbal Hi. Djabid, Ismunandar, dan Iriansyah Tadjuddin.

Iriansyah Tadjuddin menyatakan, pertemuannya dengan balon wali kota Ismunandar dan balon wali kota Ikbal Hi. Djabid tanpa setingan. Pertemuan itu murni dalam rangka menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW yang dimotori Forum Pembaruan Demokrasi Kota Ternate. “Tidak ada pembahasan politik. Hadir karena undangan,” tandas Iriansyah, yang juga ketua panita Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Ikhwal serupa diutarakan Ikbal Hi. Djabid. Balon Wali Kota Ternate ini mengatakan, kehadirannya adalah sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai teladan bagi umat Islam.

Inti dari acara Maulidan adalah mempertebal keimanan, meyakinkan tentang keesaan Allah, dan berusaha menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri teladan. “Saya hadir karena memenuhi undangan, bukan karena kepentingan politik. Memang orang akan berspekulasi kesana (pembicaraan pilwako 2020), apalagi tahun depan ada hajatan politik. Tapi itu biarlah, yang penting kita tidak membicarakan hal-hal yang mengarah ke 2020,” kata Ikbal saat disambangi usai serimoni.

Ikbal Hi. Djabis saat berpose bersama panitia maulid
Iriansyah dan Ismunandar dikabarkan maju sebagai calon wali kota di Pilwako 2020 nanti, demikian sama dengan Ikbal Hi. Djabid. Membawa Ternate jauh lebih maju disertai pembangunan yang merata serta menata birokrasi tentu menjadi misi setiap balon yang bertarung di tahun depan.

Opsi 02 Mencuat

Tahapan pelaksaan pemilihan kepada daerah atau pilkada 2020 secara serentak masih pada tahap sosialisasi. Khusus Pilwako Ternate, ada sejumlah nama yang mencuat baik dari kalangan politisi maupun birokrasi muali menawarkan opsi sebagai 02 mendampingi Ikbal. Hi. Djabid nanti. Sejumlah nama yang digadang-gadang itu diantaranya balon wali kota Sidik Dero Siokona, M. Tauhid Soleman, Iswan Hasjim, Jasman, Iriansyah Tadjuddin, dan Ismunandar.

Ikbal. Hi. Djabid mengiyakan adanya rumor tersebut. Dia mengatakan, komunikasi atau opsi ini baru tawaran biasa dan belum ada kesepakatan. “Prosesnya masih lobi-lobi partai dan biarlah tahapan itu berjalan. Soal siapa nantinya di pilih kan tergantung kita dapat rekomendasi atau tidak,” katanya. “Menyangkut itu (pilihan 02) ada waktunya,” sambungnya.

Ikbal mengemukakan, semua itu nama yang mencuat belum bisa saja mendampinginya di 2020 nanti. Itu boleh saja terjadi asalkan mengantongi rekomendasi partai sebagai syarat utama dan berdasarkan mekanisme partai. “Kita butuh kendaraan untuk sampai di tempat tujuan. Kita tidak asal pilih, harus tanya dulu apakah ini sesuai mekanisme partai atau tidak,” katanya.

Iriansyah Tadjuddin disambangi usai acara menepis rumor tersebut. Iriansyah mengatakan, opsi tidak pernah dilakukan. “Itu tidak benar. Belum ada pembicaraan atau negosiasi 02 di Pak Ikbal,” terangnya. (brn)


Share:
Komentar

Berita Terkini