Basarnas Kembali Mencari Kapal MV.Nur Allya

Editor: brindonews.com
M. Arafah: Waktu Pencarian Selama 6 Hari

Muhammad Arafah, Kepala Basarnas Ternate
TERNATE, BRN - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Ternate akhirnya memutuskan mencari kembali kapal Kargo MV. Nur Allya yang hilang kontak di Perairan Halmahera Agustus lalu. Tim Search and Rescue (SAR) rencananya berangkat malam ini menuju Halmahera Selatan untuk memulai pencarian.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, mengatakan, rencana pencarian MV. Nur Allya sudah beberapa hari lalu. Namun keberangkatannya di lokasi masih menunggu kedatangan alat Multi-Bin sonar. “Kemaru baru alatnya tiba di Bandara Udara Sultan Babullah Ternate, sehingga malam ini baru kita berangkat ke Halmahera Selatan,” katanya, Kamis (14/11).

Alat yang nantinya dipakai mencari keberadaan MV. Nur Allya itu menurut Afarah, tim masih menyeting konekting alat dengan computer sebelum dioperasikan pada pencarian nanti. Usai di setting, selanjutnya dibawah menggunakan Pandudewanata bersama Tim SAR Gabungan ke lokasi perihal pencarian kapal Kargo MV.Nur Allya di perairan Halmahera Selatan (Halsel).

“Untuk personil tim meliputi Basarnas Ternate, KNKT, Tim Survey MDS. Dan Tim Survey MDS  yang nantinya mengoprasikan alat tersebut di bawah laut untuk mendeteksi keberadaan MV.Nur Allya,” katanya.

Waktu pencarian, kata dia, dilakukan selama enam hari. Pencarian sesuai titik koordinat dan memperluas area pencarian dengan mengoptimalkan Multi-Bin sonar untuk mendeteksi di dasar laut. (Shl/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini