Teknisi Proyek Minta Warga Lolobata Bersabar

Editor: brindonews.com
Bak penampung atau bangunan pengumpul debit air 
TERNATE, BRN - Kepala teknisi pekerjaan air bersih di Kecamatan Wasile Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, Tri membantah adanya ketidakjelasan proyek yang dikerjakan. Sebelumnya warga setempat menilai proyek yang dikerjakan sejak 2018 itu tidak memberikan dampak positif.

Menurut Tri, pekerjaan yang dikerjakan itu merupakan pengembangan dari program Green Technology. Produksi air bersih tanpa mesin atau listrik dan irigasi pipa dengan sistem gravitasi merupakan pemanfaatan air yang efektif dan efisien. “Selain dinikmati gratis, tentu menghemat biaya listrik yang biaya oprsionalnya sangat tinggi,” kata Tri, Selasa (29/10).

Tri mengatakan, pembangunan bak penampung atau bangunan pengumpul debit air di Desa Lolobata dan Boki Maake bertujuan mendapatkan sumber air yang elevasinya layak di konsumsi. Menurutnya, dalam pekerjaan kendala yang dihadapi adalah sulit menentukan posisi atau jalur pipa. “Lolobata dan Boki Maake posisinya diapit oleh gunung tinggi.  Ini yang sehingga kami sulit mendapatkan jalur pipa yang tepat,” ujarnya.


Kendati mengklaim ada kendala penentuan titik jaringan pipa, Tri mengakui sudah mengoptimalisasinya. Opsi itu dilakukan perbaikan atau penambahan satu unit intake (penampungan) baru dengan jarak 1.100 kilo meter dari penampungan lama. “Sementara lagi dikerjakan. Untuk sambungan pipa dari intake induk yang lama ke yang baru itu merupakan swadaya, karena keterbatasan anggaran,” katanya.

Tri meminta kepada warga agar bersabar. Dia berusaha tetap menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana sehingga warga menikmati air bersih secepatnya. “Sementara lagi jalan, tetap dikerjakan dan dipastikan waktu dekat sudah beroperasi,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Desa Lolobata, Tahwin Hamisi menganggap proyek yang bersumber adari anggaran pemerintah pusat itu gagal. Tidak dipasangnya papan proyek serta tidak dicantumkannya perusahaan pemenang tender menjadi penyebab penilaian negatif itu muncul. (brn/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini