|

Polisi Telusuri Motif Kebakaran Wisata Sosota

Puntung Rokok Wisatawan Diduga Picu Kebakaran Wisata Sosota

Kondisi wisata Sosota pasca kebakaran. Nampak dari gambar bukit tampak tandus
HALBAR, BRN - Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Loloda Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Muhammad Yogie B meninjau Wisata Sosota pasca kebakaran senin kemarin. Yogie menduga puntung rokok wisatawan penyebab terbakarnya destinasi wisata itu.

Menurutnya, pengecekan atau peninjauan itu untuk memastikan motif kebakaran. Itu sebabnya dia bersama sejumlah anggotanya turun lapangan guna mengumpulkan data dan bahan keterangan, termasuk olah tempat kejadian perkara atau TKP.

“Dari keterangan sejumlah saksi, kejadian tersebut setelah delapan pengunjung menggunakan bodi (perahu) berwisata di lokasi kejadian,” katanya. “Namun ketika terjadi kebakaran, para pengunjung yang merupakan warga Ibu ini melarikan diri dari lokasi. Ada saksi yang kejar mereka dan tanyakan siapa yang bakar, dan saksi akui para wisatawan tidak sengaja buang puntung rokok sehingga terjadi kebakaran,” tambah Yogie mengutip keterangan saksi.


Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Loloda Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Muhammad Yogie B dan sejumlah anggotanya meninjau Wisata Sosota.
Hasil olah TKP, kata Yogie, kondisi bukit Sosota 95 persen hangus terbakar dan pulau tampak tandus. “Untuk tindak lanjut, Unit Reserse dan Kriminal Polsek Loloda masih lakukan penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Kepala Kepolisian Resort (Polres) Halmahera Barat (Halbar) AKBP. Aditya Laksimada membenarkan adanya pengusutan oknum pengujung yang sengaja membuang puntung rokok.


Ipda Muhammad Yogie B saat berada di bukit wisata Sosota, Lolada, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat. Dalam foto ini Ipda Yogie menunjuk salah satu spot atau titik kebakan.
AKBP. Aditya mengatakan, sudah menurunkan tim guna menyelidiki dugaan kebakaran. “Kapolsek Loloda Ipda Muhammad Yogie B yang memimpin tim itu. Sementara masih pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) dari sejumlah saksi dan para pekerja disana,” katanya.

Kepala Dinas Periwisata Halbar, Fenny Kiat dikonfirmasi tak mau berkomentar. Maksud atau tujuan mengonfirmasinya untuk menanyakan langkah mitigasi yang dilakukan dinas pariwisata pasca kebakaran wisata Sosota. “Nanti bisa konfirmasi langsung ke Ibu Kadis Kominfo,” tulis Fenny dalam pesan whatsapp.   

Pesan whatsapp yang dikirim ke ponsel Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian Halbar Chuzaimah Djauhar, namun tak di respon. Hingga berita ini di publis, Chuzaima belum memberikan tanggapan soal langkah mitigasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar pasa kebakaran yang melanda bukit Sosota, Kecamatan Loloda senin kemarin. (haryadi/red)
Komentar

Berita Terkini