|

FTT Minta Pemda Taliabu Transparan



 
Massa Aksi
TALIABU, BRN - Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 01 Oktober 2019 lalu, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Federasi Tani Taliabu (FTT) menggelar aksi di depan Kantor Bupati Pulau Taliabu, Senin, (07/10/2019)  Pagi.

FTT membawa isu Menjaga Marwah Pancasila, meminta pemerintah daerah Pulau Taliabu lebih transparan terkait dokumen - dokumen publik yakni, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD), Rencana Program Jangak Pendek ( RPJP ), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ). 
Asis Armin dalam orasinya mengatakan,  keterbukaan informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggara negara dan badan publik lainnya. Sehingganya RPJMD, RPJP, dan RKPD merupakan dokumen publik yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat sesuai dengan amanat UU NO 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
"Pemerintah daerah harus memberikan kami RPJMD, RPJP dan RKPD sebagai dokumen publik yang harus diketahui rakyat Pulau Taliabu sesuai dengan amanat undang – undang. Maka, kami sebagai generasi pecinta Taliabu adalah rakyat, membutuhkan RPJMD, RPJP dan RKPD, "katanya.

Aksi FTT membawa beberapa tuntutan yaitu, meminta salinan dokumen RPJMD, RPJP, dan RKPD. Mendesak Kapolsek Taliabu Barat menertibkan badan jalan yang digunakan Bupati, mendesak Polsek Taliabu Barat segera menindaklanjuti laporan Abdul Rahman Umasangaji atas pengrusakan tanaman, dan  mendesak Bupati Taliabu mengevaluasi kinerja seluruh pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah.
Amatan Brindonews.com, aksi yang berlangsung kurang lebih 4 jam itu, berjalan aman walaupun tuntutan massa aksi untuk menemui Bupati dan Kepala Bappeda untuk hearing tidak terealisasi. (her/red)

Komentar

Berita Terkini