Besaran UMK Ternate Menunggu Hasil Survei KHL

Editor: brindonews.com
RONY ARIES
TERNATE, BRN - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ternate terus melakukan persiapan survei kebutuhan hidup layak atau KHL. Survei KHL untuk menetapkan upah minimum kota atau UMK Ternate di 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnaker Kota Ternate, Rony Aries menyebut survei ini akan menjadi salah satu indikator menentukan besaran kenaikan UMK Ternate tahun depan. “Ada 60 item KHL nantinya di survei,” kata Rony saat disambangi brindonews, Senin (21/10).


Penetapan UMK didasarkan pada kehidupan hidup layak dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Komponen KHL digunakan sebagai dasar penentuan upah minimum, dimana di hitung berdasarkan kebutuhan hidup pekerja dalam memenuhi kebutuhan mendasar yang meliputi kebutuhan akan pangan.

 
Menurut Rony, selain digunakan sebagai dasar penghitungan UMK, KHL dilakukan untuk mencari tahu harga sejumlah kebutuhan yang diperlukan oleh pegawai, karyawan, dan buruh. Dari hasil survei itu diperoleh, selanjutnya memperhatikan inflasi dan produk domestik regional bruto (PDRB) kemudian ditetapkannya besaran UMK.

“Atas dasar pertimbangan kenaikan KHL, inflasi dan sebagainya kemudian ada presentase yang ditetapkan, sebagai contoh, di Ternate, UMK Ternate atau presentase tahun 2019 sebesar Rp 2.608.408 per pekerja per bulan,” jelasnya.

Dijelaskan, setelah ada kesepakatan dari dewan pengupahan menyangkut angka atau nilai dasar, berikutnya diajukan ke Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman untuk membuat/mengeluarkan surat pengajuan ke gubernur kemudian diterbitkan ketetapan besaran UMK 2020.

“Misalnya kenaikannya di kisaran angka 7,8. Kesepakatan kedua belapihak ataupun akademisi termasuk dewan pengupahan menyepakati berapa dari presentase inflasi dan PDRB, kenaikan berapa ? kemudian ditetapkan Badan Pusat Statistik (BPS),” jelasnya. “Biasanya melebihi sedikit dari UMP, karena UMP kan berlaku di sepuluh kabupaten/kota,” sambungnya. (ko/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini