Bawaslu Bidik Sekkab Halbar

Editor: brindonews.com
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Halbar Syahril Abdul Radjak
HALBAR, BRN - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) M. Syarif Ali menjalani pemeriksaan di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat, Rabu (30/10). Dia diperiksa menyangkut dugaan politik praktis terhadap bupati petahana Danny Missy.

M. Syarif diketahui memosting foto Danny Missy di facebook dengan caption ‘Hayy guyys, Bupati Danny Missy dikenal dekat dengan masyarakat. Setiap program dan kebijakannya selalu pro rakyat. Foto dibawah ini, Bapak bupati Danny missy sedang memberikan isentif para imam dan pendeta. Di kesempatan itu Wakil Juga tidak ada ... ‘. Postingan atau dugaan kampanye itu langsung masuk radar Bawaslu.

Postingan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) M. Syarif Ali.
Koordinator Devisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Halmahera Barat (Halbar), Muhammadun Hi. Adam menuturkan, maksud memanggil M. Syarif untuk memberikan keterangan atau mengklarifikasi terhadap postingannya di media sosial facebook.

Hasil pemeriksaan, menurut Muhammadun, yang bersangkutan mengakui tidak ada unsur paksaan pihak lain dan murni dilakukan sendiri. “Tidak pihak yang arahkan beliua (M. Syarif) soal postingannya di facebook. Itu inisiatif dia sendiri,” katanya usai pemeriksaan.

Muhammadun bilang, hasil klarifikasi M. Syarif masih masuk pada kajian. Alasannya kerena Aparatur Sipil Negara (ASN) wilayah eksekusinya berada di Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN. Penentuan sanksi dan hal lainnya menjadi kewenangan KASN. “Bawaslu Halbar hanya menyerahkan hasil kajian ke Bawaslu Provinsi untuk tindak lanjut di KASN. Apakah di rekomendasi ke KASN atau tidak itu bukan ranah kami lagi,” jelasnya.

Kepala Perwakilan Pemerintah Kabupaten Halbar Harun Bahrudin.
Temuan Bawaslu
Muhammadun menyebut ada tiga dugaan pelanggaran dukungan terhadap Danny Missy. Dari jumlah itu semuanya murni temuan Bawaslu.

Bawaslu sendiri menjadwalkan jadwal pemeriksaan terhadap Syahril Abdul Radjak dan Harun Bahrudin. Ini karena keduanya tidak hadir pada panggilan pertama. “Tetap ada panggilan selanjutnya. Pada prinsipnya ini masih tahapan klarifikasi,” terangnya.

Foto Syahril Abdul Radjak menggunakan pakain dinas ASN saat menghadiri fit and proper test Partai Gerindra di Hotel D'Hok beberapa waktu lalu. Dalam foto ini Syahril dan Danny nampak berdekatan dan duduk satu meja.
M. Syarif Ali mengampanyekan incambent di facebook, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Halbar Syahril Abdul Radjak menggunakan mobil plat merah bernomor polisi DG 6 HB dan pakain dinas ASN saat menghadiri fit and proper test Partai Gerindra, di Hotel D’Hoek beberapa waktu lalu dan dugaan politik praktis Kepala Perwakilan Pemerintah Kabupaten Halbar Harun Bahrudin. 

“Ini adalah temuan Bawaslu langsung, bukan laporan masyarakat. Temuan ini tetap ditindaklanjuti, dan ketiga-tiganya sudah dilayangkan surat panggilan klarifikasi” tandasnya.

Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad menyatakan, tetap dilakukan panggilan terhadap Syahril Abdul Radjak. “Belum bisa hadir hari ini, kemungkinan besok. Kami akan lakukan panggilan kedua,” terangnya. (haryadi/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini