|

Bappeda Updating Data di Yogyakarta

Bupati Pultab, Aliong Mus bersama seluruh pimpinan OPD di Taliabu
TALIABU, BRN – Kegiatan updating data perencanaan RPJMD Kabupaten Pulau Taliabu dilaksanakan Bappeda selam tiga hari mulai 28 Oktober, di Room Meiting Hotel Pesona Yogyakarta, dengan narasumber dari UGM dan Bappeda Kulon Progo..

Kepala Bappeda Pulau Taliabu, H. Syamsuddin Ode Maniwi mengatakan, kegiatan ini merupakan penghimpunan data awal dari seluruh OPD untuk menyusun perencanaan perubahan RPJMD Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2016-2021.

Narasumber dalam kegiatan tersebut dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Bapedda Kulon Progo, telah melakukan penyusunan Renstra dan Renja OPD dan penginputan secara online.

”Pemateri  merupakan para ahli dalam bidangnya, hingga itu para staf penginput data mudah memahaminya,”katanya.

Bahkan, para narasumber juga membuka konsultasi tentang cara  penyusunan Renstra dan Renja OPD dan penginputan secara online, karena  selama ini masih ada yang kurang memahami penyusanan dua program pemerintah itu.

Selain itu, lanjut Syamsuddin, mekanisme proses perubahan RPJMD akan dibagi menjadi tiga kelompok, mencakup bidang infrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya. Masing-masing kelompok akan membahas matriks usulan indikasi rencana program prioritas, disertai kebutuhan pendanaan untuk mendapat saran dan masukan sebagai keluaran ataupun hasil perubahan RPJMD.

“Saran dan masukan dari SKPD dan para pemangku kepentingan akan digunakan untuk penyempurnaan Rancangan Perubahan RPJMD Pulau Taliabu 2016 – 2021,”pungkasnya.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Bupati Pulau Taliabu, ialah Pelaksana Tugas Sekda Pulau Taliabu Dr. Salim Ganiru, para pimpinan OPD, dan  Tim PSE-KP Universitas Gadjah Mada dan Tim Bappeda Kulon Progo. (her/red)


Komentar

Berita Terkini