|

Anggota Deprov Soroti Rumdis Baru AGK

Hasan Bay: Jargon Sofifi ‘rumah kita’ di mana ?

M. HASAN BAY
SOFIFI, BRN - Rencana pemeritahan Abdul Gani Kasuba menjadikan Sofifi sebagai jargon ‘rumah kita’ di pertanyakan. Anggota Dewan Provinsi (Deprov) Maluku Utara (Malut), M. Hasan Bay menilai pemindahan rumah dinas yang baru Gubernur Malut menunjukkan ketidakselarasan pembangunan infrastruktur di ibu kota provinsi.

Menurutnya, alihfungsi Hotel Crysant menjadi rumah dinas Abdul Gani Kasuba (AGK) hanya mengabaikan komitmen awal. “Nampaknya tidak sejalan dengan komitmen AGK menjadikan Sofifi sebagai ‘rumah kita’. Jangan Cuma di gembor-gemborkan begitu saja,” katanya, Selasa (8/10).

Dia mengatakan tidak sependapat pengalihan ini hotel menjadi kediaman AGK. Selain soal komitmen, sikap pemerintah provinsi (pemprov) tersebut sudah tentu mengurangi item retribusi atau pendapatan asli daerah. “Pembangunan hotel dengan dua kali penggaran ini penambahan item retribusi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), belakangan sudah dialihkan. Inilah yang membuat saya kecewa dengan sikap Pemprov menjadikan hotel sebagai kediaman dinas,” ujarnya.

Politisi Golkar ini meminta Biro Umum Sekretariat Daerah Pemprov Malut agar menahan rencana pengalihan hotel. Meski mendukung kerja-kerja dinas gubernur, dia menilai tidak perlu dialihkan.

“Kalau alasannya, ada tamu misalnya dari daerah, kan masih di pakai menginap. Jadi menurut saya kurang pas, pada prinsipnya kalau bisa jangan dialihkan, tetap saja jadi hotel milik daerah. Atau misalnya ada tamu dari pusat, bisa di pakai hotel itu sebagai tempat istirahat maupun pelaksanaan kegiatan. Atau mungkin juga kegiatan organisasi perangkat daerah bikin kegiatan di Ternate bisa di Hotel Crysant, hotel inikan milik pemerintah.  Dengan demikian, PAD kita pasti meningkat,” terangnya. (brn/red)
Komentar

Berita Terkini