|

Perdana, Malut Ekspor Fully Pala Ke India

Fully Pala Yang Akan Di Ekspor Ke Negara India

TERNATE BRN - Bentuk komitmen bersama untuk memajukan perokonomian di Provinsi Maluku Utara (Malut) dengan mengekspor sebanyak 5 ton fully pala ke India.

Ekspor fully pala yang di lakukan ini perdana, dengan tujuan ke negara India ini dengan slogan gerakan bersama ekspor produk pertanian menuju Indonesia lumbung pangan dunia Tahun 2045 yang berlangsung di kawasan Pelabuhan Ahmad yani Kota Ternate, Jumat (13/9/2019).

Kepala Badan Karangtina Pertanian Pusat, Ir. Ali Jamil mengatakan kita baru melepas keberangkatan ekspor satu komuditas yang ada di Kota Ternate yang merupakan bagian  timur dari Indonesia sebagai sumber rempah maka dari itu pada sore ini saya melepas ekspor fully pala dari sekitar Malut sekitar 5 ton menuju ke india jika dihitung dengan nilainya sekitar 1,3 milyar.

"Ekspor ini perdana dan yang membeli fully pala ini untuk di bawah ke india sebanyak 25 ton dengan harga perkilo Rp.260.000," Ungkap Ali Jamil

Ali menuturkan, dengan ekspor fully pala, sehingga menjadi komuditas unggulan kita kedepan karena program ini sudah sesuai dengan instruksi presiden Indonesia di bidang ekspor, di bagian timur Indonesia melakukan ekspor perdana ke india.

"Ini merupakan peluang besar bagi masyarakat Malut untuk meningkatkan perokonomian yang ada di Malut karena dengan nilai perkilo Rp. 260.000 maka ini dengan nilai yang besar," Cetusnya

Dari hasil ekspor ini kata Ali, Negara tersebut akan mengunakan hasil ekspor dengan berbagai macam manfaat mulai dari minyak, parfum, kosmetik dan bumbu.
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Maluku dan Malut, Finari Manan menambahkan untuk ekspor langsung dari Malut ini kami sangat mendukung penuh pelaksanaan ekspor dari Malut agar bisah dapat menggerakkan perekonomian daerah.

"Malut sendiri baru ada ekspor di bidang perikanan namun dengan bertambahnya ekspor di bidang pertanian maka ini sudah ada penambahan lagi tentu ini untuk memajukan di sektor perekonomian," Tuturnya

Finari berharap semoga keberhasilan tersebut di ikuti oleh kesuksesan- kesuksesan sehingga semakin produktif dan dapat memberikan dampak positif bagi multiplier affects untuk kemajuan perekonomian Malut

"Keberhasilan ini, semoga bisa dapat menggerakkan perekonomian daerah untuk membangun Maluku Utara," Tutupnya

Sekedar di ketahui, pelepasan 5 ton fully pala ini berkaloborasi antara Kementerian Pertanian melalui Balai Karangtina Pertanian Kelas II Kota Ternate, Kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ternate, KSOP Ternate, Pelindo cabang Ternate dan Pemerintah Provinsi Malut (Shl/Red).

Komentar

Berita Terkini