|

DPC PDIP Pultab Pleno 7 Nama Cakada


Budiman: Mereka Belum Aman


TALIABU, BRN - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Taliabu menetapkan tujuh nama calon bupati dan wakil bupati Pualu Taliabu (Pultab). Penetapan tujuh nama yang diusul ke DPD Malut ini sesuai rapat pleno hasil penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah 2020.

Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Pultab, Budiman L. Mayabubun menyebut tahapan penjaringan atau pendaftaran di buka selama 12 hari dimulai 3-14 September 2019. Selama penjaringan sedikitnya sebelas calon kepala daerah (cakada) mengambil maupun mengembalikan formulir pendaftaran. “Tapi setelah dipleno cuma ada 7 nama, 4 sebagai calon bupati dan 3 calon wakil bupati,” kata Budiman, Senin (16/9).

Budiman mengatakan apa diputuskan dalam rapat pleno itu sesuai mekanisme partai. Berdasarkan instruksi DPP PDIP Nomor 356/IN/DPP/VIII/2019 dan peraturan DPP Nomor 24 tahun 2017 sedikit ada 12 syarat mutlak dipenuhi setiap cakada.

“Nama-nama diteruskan ke DPD ini belum mutlak, masih dilakukan verifikasi dan validasi ulang. Bahkan boleh dibilang belum aman, lantaran masih perlu dilakukan validasi data hasil penjaringan,” katanya.

Wakil Ketua BP Pemilu dan Komunikasi Politik partai besutan Megawati Soekarno Putri ini mengatakan, selain melewati validasi data tingkat DPD, para cakada selanjutnya dipertemukan pada tahapan penandatangan surat pernyataan dan komitmen termasuk memastikan bakal calon bebas KKN, narkoba, maupun tidak pernah di pidana lima tahun yang berkekutan hukum tetap.

“Dan pastinya lebih utama komitmen membangun daerah selaku petugas partai. Siapapu yang direkomenasikan oleh PDI Perjuangan, mereka adalah petugas partai,” terangnya.

Sekedar diketahui, keempat nama calon 01 sesuai hasil pleno PDI Perjuangan diantaranya Sri Susiana Dewi Sopamena, Aliong Mus, H. Lamen Sarihi, dan H. Muhaimin Syarif. Sementara calon 02 meliputi Ramli, Syafruddin Mohalisi, dan L. Hasamuddin. (her/red)
Komentar

Berita Terkini