|

Wawali Ternate ‘pinang’ PAN

Heni Sutan Muda: Kedepan Koalisi Demokrat-PAN

Penyerahan berkas pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Ternate, Abdullah Taher. Ketua Tim Penjaringan Calon wali kota dan wakil kota Ternate DPC PAN, Yusnita Alibasyah (jilbab putih) menerima berkas dari Heni Sutan Mudah. 
TERNATE, BRN -  Kota Ternate akan memilih wali kota baru pada September 2020 mendatang. Burhan Abdurrahman tak bisa mencalonkan diri lagi karena sudah periode. Nama-nama baru calon pengganti Burhan pun kini mulai muncul dan beredar di masyarakat Ternate.

Salah satu nama yang santer di bursa pemilihan wali kota (Pilwako) tahun depan adalah Abdullah Tahir. Wakil Wali Kota Ternate ini digadang-gadang maju bertarung sebagai 01 di pilwako mendatang.

Untuk memastikan ikut berkompetisi sebagai Bakal Calon Wali Kota Ternate dalam pemilihan kepala daerah periode 2020-2025, Senini (5/8) siang kemarin pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat bertandang ke Sekretarian Partai Amanat Nasional (PAN) di Kelurahan Dufa-dufa, Ternate Tengah. Kedatangan rombongan partai besutan Susilo Bambang Yudhiyono ini disambut Ketua Tim Penjaringan, Yusniyati Alibasyah dan Sekretaris DPC PAN, Samsul Hamja.

Ketua Tim Penjaringan DPC Demokrat, Irawan mengatakan, momentem di 2020 nanti menjadi hal penting bagi Demokrat. Perolehan 4 kursi di parlemen maka berhak mengajukan figur pengusung. “Pak Abdulah Taher sangat layak. Demokrat hanya butuh tambahan dua kursi, jadi hari ini kami bersilahtuhrahmi ke PAN,” kata Irawan usai penyerahan.

Irawan mengakui bukan hanya PAN saja yang dikomnunasikan. Partai yang dirikan 9 September 2001 itu membuka peluang berkomunikasi semua partai dan menawarkan visi misi figur yang di usung. “Pada prinpsip kita terbuka. Soal siapa wakil nanti, Demokrat sudah ada beberapa nama bakal calon wakil nantinya mendapingi Pak Abdullah,” katanya. “Calon siapa wakil kita belum buka”.

Heni Sutan Muda berharap komunikasi ini tetap berlanjut. Heni mengatakan, pertemuan atau agenda berikutnya bukan lagi membahas jangka pendek, melainkan berbicara bagaimana menghidupkan mesin partai merebut kemenangan. “Ke depan tentunya koalisi Demokrat dan PAN,” singkatnya.

Ditanya perihal mencuatnya nama Sekretaris DPW Demokrat, Fahri Sangdji pada bursa 2020, Anggota DPRD Ternate tepilih ini tak banyak berkmentar. Dia mengatakan, setiap kaders partai punya hak politik yang sama. “Pilihannya akan berdasarkan survei yang menetukan. Kami optimis, ekspektasi tinggi Pak Abdulah adalah wakil wali kota tentunya kami berharap beliau adalah keterwakilan Demokrat,” kilahnya. “Tinggal menyesuaikan, teman-teman yang lain sesuai survei kedepan”.

Yusniyati Alibasyah menyebut Demokrat adalah partai pertama mendaftakan diri semenjak hari pertama dibukanya penjaringan bakal calon wali kota wakil wali kota. “Ini hari pertama, teman-teman dari Demokrat mendaftar pertama ke partai PAN dengan mengusung Abdulah Tahir,” katanya.

Tahapan pendaftaran dibuka hingga 10 hari. Karena itu, kemungkinan Selasa (6/8) besok ada partai lain yang mendaftar lagi. “Tanggal 15 Agustus itu sedah deadline,” singkatnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PAN, Samsul Hamjan menambahkan, proses penetapan bakal calon diputuskan di tingkat pengurus pusat. Sesuai mekanisme, verifikasi pemberkasan oleh tim penjaringan dan diputuskan dalam rapat pleno DPD  di tingkat Kota Ternate, selanjutnya diserahkan pengurus wilayah kemudian ditindaklanjuti ke DPP. “Jadi prosedurnya dari bawah naik keatas,” katanya.

Ditanya apakah PAN menyiapkan figur 01, Samsul tak banyak komentar. Dia mengaku PAN siap menjadi 02, kalau 01 yang dipersipakan tidak bersedia. “Daftarnya di calon wakil wali kota Ternate,” katanya. (ko/red)
Komentar

Berita Terkini