|

Wawali Ternate Ajak HMI Hindari Konflik

ABDULLAH TAHIR
TERNATE, BRN - Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate periode 2019-2020 resmi di lantik, Selasa (20/8) malam tadi di Royal Resto. Wakil Wali Kota Ternate, H. Abdullah Tahir menghadiri sekaligus membuka acara tersebut.

Bakal calon wali kota periode 2020-2025 ini dalam pengantarnya mengulas singkat perjalanan HMI. Dia mengatakan, organisasi yang lahir pada 5 Februari 1947 ini selain organisasi Islam tertua di tanah air, HMI tetap konsisten dalam berjuang menerapkan nilai-nilai Islam maupun konteks keindonesiaan. Memegang teguh komitmennya untuk meraih kejayaan Islam, kemajuan intelektual, serta solidaritas kebangsaan dan kemanusiaan.
“HMI kini berusia 72 tahun. Telah melahirkan begitu banyak kader-kader unggulan yang berkiprah dan memainkan peran penting di hampir semua sektor,” ucapnya.
Menurutnya, organisasi berwarna kebesaran hijau hitam dengan slogan Yakin Usaha Sampai (Yakusa) itu memiliki peran penting dalam aspek pembangunan, baik sosial, politik, ekonomi, pendidikan, birokrasi maupun kehidupan kanca lokal maupun nasional.

“Ini tidak terlepas dari konsisten membina dan meregenerasi berlandaskan semangat keislaman. HMI dan bagi kita semua, harapan kita agar HMI tetap mewujudkan cita-citanya dan mengabdi kepada umat dan bangsa berlandaskan pada ukhuwah islamiyah,” ujarnya.

“Di sisi lain, sebagai organisasi Islam terpelajar, HMI dituntut untuk dapat memberikan pemahaman tentang Islam sebagai rahmatan lil alamin. Harus mampu memberikan teladan, bahwa Islam adalah agama yang penuh kedamaian dan kasih sayang, Islam yang toleran sebagai cerminan dari rahmat semesta alam. Pemahaman ini harus diimplementasikan dalam setiap sikap dan tindakan yang dilakukan,” sambungnya.

Abdullah berharap, pengurus yang baru dikukuhkan ini punya semangat yang baru meningkatkan potensi seluruh kader. Terus mengouput kader terbaik mencapai visi misi dan cita-cita perjuangan.

“Paling penting tetap berada pada garis perjuangan yang benar dan lebih baik lagi. Momentum pengukuhan pengurus ini kiranya bisa berkontribusi mendorong pembangunan bangsa. Ini menjadi harapan besar yang akan terus dinantikan kita semua maupun seluruh rakyat Indonesia khususnya Malut, semoga terus jaya serta menjadi garda terdepan memajukan generasi muda, menjadikan generasi muda yang cerdas, kreatif dan berakhlak mulia,” katanya.

Dia juga mengajak kepada seluruh keluarga besar HMI untuk terus berpartisipasi aktif penyelenggaraan pembangunan di Kota Ternate dan umunya di Provinsi Maluku Utara. Menghindari keterlibatan berbagai permasalahan yang tidak produktif, cenderung destruktif, serta kontra produktif dengan tujuan awal didirikannya HMI.

“Mari kita wujudkan Kota Ternate yang lebih aman, adil, demokratis, dan sejahtera,” kata Abdullah mengajak. (release)

Komentar

Berita Terkini