|

AGK Evaluasi APBD Morotai

MUHAMMAD M. KHARIE
MOROTAI, BRN - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Pulau Morotai, disahkan, Selasa (20/8) kemarin. Meski begitu, draft atau dokumen rencana keuangan pemerintah daerah ini di geser lagi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut untuk di evaluasi.

Menurut kabar, dokumen tersebut sudah di geser pada Kamis tadi. Lembaran-lembaran itu berikutnya dievaluasi Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba.  

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pulau Morotai, Muhammad M. Kharie membenarkan hal itu. Dia menyebut mekanisme itu sudah sesuai setelah DPRD menyetujui atau mengesahkan pelaksanaan APBD-P. “Karena berdasarkan ketentuannya 14 hari pasca disahkan. Waktunya terhitung Jumat besok,” katanya, Kamis (22/8).

Orang nomor tiga di lingkup Pemkab Morotai ini mengatakan, rampung di Pemprov Malut, selanjutnya dibawa ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bentuk pemberitahuan ke pemerintah pusat. “Di Kemendagri bukan menyetujui hasil evaluasi, tapi bersifat mengetahui saja,” katanya.

Menurutnya, evaluasi ini bertujuan memastikan pemenuhan kewajiban-kewajiban pemkab yang dituangkan dalam dokumen APBD dan singkronisasi program pusat dan daerah.

“Misalnya pendidikan harus 20 persen dari APBD, kesehatan juga, terus keseimbangan antara belanja modal dan belanja pegawai, lalu ada yang nomenklaturnya tidak sesuai, itu yang di evaluasi,” terangnya. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini