|

Tantang Gubenur Tes Urine Kepala Daerah

Foto Santrani menunjukkan urine. 
TERNATE, BRN - Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Maluku Utara, Santrani Abusama melakukan tes urine di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara, Selasa (30/7). Langkah itu sekaligus menepis opini publik.

Santrani Abusama usai tes urine mengatakan, apa yang dilakukan itu
menanggapi atau menjawab dugaan keterlibatan pengguna narkoba yang belakangan dialamatkannya.

“ Memang, sebagai warga negara yang baik harus taat di mata hukum, tidak ada orang yang kebal hukum. Saya merasa terganggu juga ketika ada opini bahwa pejabat yang di duga sebagai pemakai narkoba,” kata Santrani di Kantor BNNP Malut.

Petugas BNNP Malut, Master Umanailo mengatakan, hasil pemeriksaan menyebutkan urine Santarani Abusama negatif narkoba. “ Samua (semua) negatif, mulai dari sabu-sabu, kokain, morfin, ekstasi, dan benso,” sebutnya.

Hasil tes urine BNNP Malut. dalam hasil ini Santrani Abusama dinyatakan negatif narkoba

Tantang Gubernur

Santrani menegaskan, tuduhan publik kepadanya sama sekali tidak benar. Ketua Pemuda Pancasila Malut ini menantang Abdul Gani Kasuba mengambil langkah atau mengeluarkan instruksi yang menekankan kepada walikota/bupati, kepala dinas, kepala bidang, maupun pejabat dibawahnya agar segera tes urine secara terbuka.

“ Kadis Perkim sudah buktikan, dan ini contoh. Karena itu saya minta pak gubernur buat instruksi kepada seluruh pejabat di Maluku Utara segera tes urine sampai pada tes rambut supaya membuktikan positif narkoba atau tidak,” pintanya.

Menurutnya, ada privasi orang yang dilindungi undang-undang. Karena itu, dia meminta kepada publik membuktikan apa pernyataannya seperti opini yang berkembang kemudian dialamatnya.

“ Nah, sekarang cuma pembunuhan karakter tanpa dibuktikan, maka 1×24 jam saya akan tuntut balik karena menurut saya ini pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan,” tegasnya.

“ 3 tahun lalu Disperkim Malut sudah kerja sama bersama BNNP, Mungkin di BNNP ini dinas pertama yang melakukan tes urine di semua pegawai. Saya sendiri perminggu sampai perbulan lakukan tes urine, juga mengusulkan semua pejabat di Maluku Utara tanpa terkecuali segera tes urin secara transparan, bila perlu undangan semua wartawan untuk meliput”. (brn)
Komentar

Berita Terkini