|

Seorang Warga Morotai Hilang Saat Pulang Melaut


ILUSTRASI
MOROTAI, BRN - Adi Muhammad (28), warga Desa Sambiki, Kecamatan Morotai Timur, Pulau Morotai, Maluku Utara, dikabarkan hilang saat pulang memancing. Adi berangkat melaut pada Rabu (17/7) kemarin menggunakan sampan atau perahu milik warga setempat.

Akil Pina, kakak ipar korban menceritakan kronologis peristiwa. Dia mengatakan, perahu yang ditumpangi korban terbalik akibat di hantam ombak saat perjalanan pulang dari lokasi pancing. Korban menggunakan perahu fiber dilengkapi dengan dua buah mesin GT15-PK.

“ Kebetulan saya juga pulang karena sudah sore, perahu korban di depan, saya ada di belakang jaraknya kurang lebih 30 meter. Sekitar satu jam perjalanan, saya lihat perahunya tiba-tiba terbalik di hantam ombak, saya hampiri dia dan berikan bantuan berupa dua buah galon (jerigen) sebagai pelampung,” cerita Akil.

Saat itu Adi berada di atas punggung atau lunas perahu. Dirinya kembali menghampiri dan menggandeng perahunya menggunakan tali. “ Namun dalam perjalanan kurang dari 200 meter talinya putus. Kemudian saya balik haluan dan berupaya untuk membujuk korban agar naik ke perahu saya, tetapi korban menolak dengan alasan perahu yang dia gunakan adalah milik orang lain (pinjaman),” sambungnya.

Akil pun menuruti permintaan korban untuk meminta bantuan warga setempat. Sebanyak 3 buah body fiber dibantu warga menuju lokasi. “ Sekitar 3 jam lebih pencarian namun hasilnya nihil. Kami kembali ke desa meminta bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morotai. Sekira pukul 22.00 WIT, BPBD bersama warga kembali mencari dengan 8 perahu, namun korban tidak lagi ditemukan,” kata Akil.

Kepala BPBD Pulau Morotai, Dalik Gafur, menagukui hingga kini korban masih dalam proses pencarian. “ Nanti saya kabarkan kalau sudah ditemukan,” singkatnya. (fix/red)

Komentar

Berita Terkini