|

Pemkab Halbar Terima Pastika Parama dari Kemenkes

Penyerahan pastika parama oleh Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek dilangsungkan di Aula Kantor Pusat Jalan H. R. Rusuna Said Blok X 5 Kav. 4-9, Jakarta Selatan. Penhargaan di terima langsung Bupati Danny Missy didampingi Kepala Dinas Kesehatan Halmahera Barat, Rosfinje Kalengit.
JAILOLO, BRN - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menerima penghargaan pastika parama dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Ini diberikan karena dinilai berhasil menerapkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Bupati Halbar Danny Missy usai menerima penghargaan mengatakan, prestasi yang diperoleh itu sebagai bentuk apresiasi komitmen dan dukungan pemerintah daerah terhadap penanggulangan bahaya rokok dan tindak lanjut dari instruksi presiden terkait kebijakan kawasan tanpa rokok Nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

“ Pak Joko widodo menginstruksikan agar bupati/wali kota melaksanakan kebijakan kawasan tanpa rokok (KTR), dan Halbar terapkan itu melalui Perda tentang rokok. Penghargaan oleh Kemenkes RI ini implementasi dari instruksi tersebut dan kebutulan bertepatan dengan acara puncak Hari Tanpa Tembakau se-dunia tahun 2019,” kata Danny.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Halbar Rosfintje Kalengit menjelaskan, lahirnya perda tentang rokok tersebut merupakan murni inisiasi dari Pemkab Halbar pada tahun 2016 lalu.

“ Perda Nomor 3 Tahun 2016 ini setelah disahkan, maka ada beberapa kawasan di Halbar sudah mentaati itu. seperti di Desa Buo di Kecamatan Loloda , Desa Guaeria Kecamatan Jailolo, perkantoran, sekolah, dan puskesmas maupun RSUD Halbar. Semuanya sudah menerapkan dan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Hasil ini, selaku dinas terkait berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kemnkes RI kepada Pemda Halbar. Kata dia, prestasi itu akan memicu pihaknya terus bekerja semaksimal mungkin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Halbar. “ tentu ini sebuah motivasi kedepan,” singkatnya. (haryadi)
Komentar

Berita Terkini