|

Janji Penuhi Fasilitas Sekolah Unggulan Tahun Ini

REVI F. DARA
MOROTAI, BRN - Sekolah unggul merupakan sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran (out put) pendidikannya. Untuk mencapai itu, maka masukan atau input, proses pendididkan, guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, serta sarana penunjangnya harus diarahkan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Namun kondisi ini jauh dari dua sekolah dasar unggulan di Pulau Morotai, Maluku Utara. Sebut saja SD unggulan Desa Darame dan SD unggulan Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan. Amatan brindonews.com masih jauh dari ciri-ciri di sekolah unggulan.

Misalnya di SD unggulan Dehegila. Selain Sarana dan prasarananya minim, sampah sisa pekerjaan bertebaran dan ruangan atau kelasnya kotor. 

Kepala SD Unggulan 2 Dehegila Kamaria mengakui hal tersebut. Dia menyebut tugasnya hanya menjalankan tugasnya sesuai perintah dan pemenuhan kebutuhan sekolah urusannya. “ Soal fasilitas itu urusan dinas pendidikan,” katanya singkat.

Dalam proses belajar mengajar diakuinya masih menggunakan furtinur lama. Dipakainya fasilitas atau sarana prasana lama seperti seperti kursi dan meja itu diyakini demi keberlangsungan proses belajar peserta didik. “ Kita pakai yang ada dulu, sambil tunggu furtinur baru,” sambungnya. “ Fasilitas yang masih kurang ini sementara di ambil dari sejumlah sekolah yang tergabung di SD unggulan”.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai, Revi F Dara tak menampik kekurangan fasilitas tersebut. Menurutnya furtinur yang kurang itu segera dilakukan pengadaan tahun ini. “ SD unggulan Dehegila di bangun pada 2018, sedangkan sarananta dianggarkan di 2019, sehingga dalam waktu dekat ini seluruhnya sudah selesai,” katanya.

Terpisah Kadis PU Morotai, Abubakar A. Rajak menegaskan, sejumlah kebutuhan sekolah segera dituntaskan tahun ini. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini