|

Inspektorat Halbar Audit DD di 169 Desa

JULIUS MARAU
JAILOLO, BRN - Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat saat ini tengah fokus mengaudit dana desa (DD) di 169 desa di kabupaten setempat. Pelaksanaan audit ini terkait realisasi DD pada pencairan tahap pertama.  

Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau menyatakan, pemeriksaan dilakukan bertahap dan di mulai 24 bulan Juli kemarin. “ Targetnya dua minggu selesai. Pemeriksaan bisa molor atau juga bisa lebih cepat tergantung jangkauan, misalnya di Loloda karena harus menyeberang lautan,” katanya saat disambangi di ruang kerjanya, Kamis (11/7).  

Julius menyebut pemeriksaan itu hanya dilakukan pada desa yang sudah mencairkan DD tahap pertama belum lama ini. Langkah itu menurutnya turut mengawal agar tidak terjadi penyimpangan.

DD, kata dia, adalah salah satu instrumen anggaran yang bisa diharapkan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. “ Kalau desa bermasalah sementara ini masih dipending,” singkatnya.

Julius meminta sekaligus mengajak seluruh stakeholder, termasuk perangkat desa (BPD), dan insan pers ikut serta berperan mengawal pengelolaan DD. (haryadi)
Komentar

Berita Terkini