|

Gubernur Fokus Tingkatkan Infrastruktur Di Malut



Rapat Koordinasi Sail Tidore

SOFIFI,BRN Pasca melakukan rolling pejabat struktural di lingkup OPD Pemerintah Provinsi Maluku Utara Selasa (30/7/2019) di lantai IV kantor Gubernur langsung menggelar pertemuan terkait dengan persiapan  Sail Tidore atau yang dikenal dengan napaktilas perjalanan 500 tahun oleh eskpedisi berkebangsaan Portugal,Ferdinand Magellan yang rencanannya akan dilaksanakanpada tahun 2021.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Gubernur, dihadiri oleh Walikota Tidore Kepulauan cpt. Ali Ibrahim, Sekprov Bambang Hermawan, Bupati Halmahera Timur,  Muhdin Hi. Ma’Bud, Sekkot Ternate, Tauhid Soleman, Sekda Kepulauan Sula, Kabag Ops Polda Malut dan sejumlah pimpinan SKPD Lingkup Provinsi.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung Oleh Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani Kasuba, Lc berharap agar persiapan menuju Sail Tidore tahun 2021 ke depan semua pihak yang terlibat harus berperan aktif.

“saya berharap agar ivent ini dapat mendorong pembangunan infrastruktur yang diperlukan terutama pengembangan destinasi wisata yang terdapat di Malut.”

Selain itu, Gubernur juga meminta agar kesiapan rancangan kebutuhan anggaran menghadapi Sail Tidore sudah harus di masukan sesuai dengan keperluan dalam menunjang suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini.

Sementara itu, Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengatakan, hari ini kita melakukan rapat pertemuan membicarakan terkait jadwal yang harus ditetapkan.

“ditargetkan nanti setiap kunjungan ke tidore itu sekitar 600 orang dalam sebulan”. Katanya.

Dirinya juga mengatakan, bahwa sejauh ini kami sudah berkonsultasi dengan menkomaritim setelah itu ke Bappenas jadi kalau untuk terkait persiapan dari Tidore sudah siap tinggal dukungan dari kabupaten/kota yang lain.

Terkait dengan kesiapan anggaran menghadapi Sail Tidore, Cpt Ali Ibrahim juga menjelaskan bahwa saat ini kami telah menyusun anggaran kurang lebih sekitar dua triliun.
Sementara Sekkot Ternate Tauhid Soleman juga menambahkan, Sail ini tidak hanya menguntungkan Tidore saja tapi juga menguntungkan Ternate. Sedikit banyak tentunya representasi kegiatan-kegiatan yang akan kita lakukan pada tanggal 15 sampai 17.

“Nanti kita akan sampaikan lagi mungkin dalam waktu satu atau dua hari apa yang bisa di kondisikan kegiatan di Ternate”. Ucapnya.

Menurutnya, dengan waktu yang sampai tahun 2021 rancangan ini akan tergambar dalam penyiapan APBD Tahun 2021. Namun persiapan-persiapan tahun 2020 kita akan menyiapkan KUPPS dalam beberapa pekan kedepan.
 
Sementara Kepala Bappeda yang Baru di Lantik Samsudin A. Kadir yang sebelumnya menjabat sebagai Kadis Pariwisata Provinsi Malut mengatakan, kalau memang ada kabupaten yang menjadi titik singgah dari agenda napaktilas ini berarti kita punya alasan untuk meminta infrastuktur perbaikan pada tempat-tempat yang menjadi lokasi persinggahan itu.

Sekedar diketahui bahwa schedule kunjugan napaktilas 500 tahun Magellan akan melewati jalur kunjungan yang diantaranya; Kota Tidore Kepulauan, Kota Ternate, Kab. Halmahera Barat, Kab. Halmahera Timur, Kab. Halmahera Selatan, Kab. Pulau Morotai dan Kota Ambon.

Sedangkan waktu kegiatan kurang lebih selama 40 hari yang dimulai sejak tanggal 8 November s/d 18 Desember 2021. (adv/red)


Komentar

Berita Terkini